ANALISIS SPASIAL PERSEBARAN LIMBAH CAIR INDUSTRI BATIK DAN DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS AIR TANAH DI DESA BABAGAN KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG


Fifi Indah Fitriyani, 3211415002 (2021) ANALISIS SPASIAL PERSEBARAN LIMBAH CAIR INDUSTRI BATIK DAN DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS AIR TANAH DI DESA BABAGAN KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3211415002 - Fifi Indah(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan industri batik adalah salah satu kegiatan yang dapat mempengaruhi kualitas air tanah akibat dari limbah cair yang dihasilkan. Air limbah hasil produksi batik tulis dibuang langsung ke selokan bebas, kebun sekitar rumah. industri batik di Desa Babagan ini merupakan home industry, dimana lokasi industrinya berada di kawasan pemukiman yang padat penduduk dimana sebagian besar penduduknya masih memanfaatkan air sumur untuk kebutuhan hidup sehari – hari. Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui dampak limbah cair industri batik terhadap kualitas air tanah di Desa Babagan Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. 2) Mengetahui sebaran pencemaran limbah cair industri batik di Desa Babagan Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh air tanah yang ada di Desa Babagan yang diamati melalui sumur gali dan seluruh KK yang ada di Desa tersebut.Sampel air tanah untuk mengetahui arah aliran air tanah mengambil jumlah seluruh populasi air tanah dangkal yaitu 17 sumur dan 4 titik sampel air tanah untuk uji laboratorium. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi lapangan dan uji laboratorium. Analisis data menggunakan analisis SIG, analisis deskriptif kuantitatif dan analisis teknik komparatif. Pencemaran limbah cair industri batik terhadap kualitas air tanah di Desa Babagan Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang menunjukan bahwa dari 8 parameter kualitas limbah cair batik, 7 parameter diantaranya terkandung dalam air tanah hal ini menunjukan adanya dampak pencemaran limbah cair batik terhadap kualitas air tanah di Desa Babagan Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Kualitas air tanah dibandingkan dengan PPRI No. 82 Tahun 2000 dan PerMenKesRI Nomor 492/Menkes/Per/IV/2020 menunjukan 5 parameter kualitas limbah cair batik terkandung dalam air tanah (sumur gali) diantaranya Parameter Fisika (Warna, Bau dan Rasa) dan Parameter Kimia (COD dan BOD). Sebaran pencemaran limbah cair industri batik terhadap kualitas air tanah di Desa Babagan Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang tergolong menjadi dua kelas yaitu kelas A, memenuhi baku mutu meliputi sumur 1, dan kelas B, tercemar ringan meliputi sumur 2,3 dan 4. Secara umum, kualitas air tanah di Desa Babagan Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang tercemar rendah akibat dari pencemaran limbah cair industri batik. Saran dari penelitian ini adalah pemerintah/instansi terkait maupun pelaku industri bekerjasama melakukan upaya terkait pengolahan limbah dan penanganan potensi dampak yang ditimbulkan akibat adanya pencemaran akibat limbah batik di Desa Babagan Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Spasial, Limbah Cair Industri Batik, Kualitas Air Tanah.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 21 Nov 2022 01:45
Last Modified: 21 Nov 2022 01:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53229

Actions (login required)

View Item View Item