PEMANFAATAN MEDIA KOMIK SEBAGAI EDUKASI MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI BAGI SISWA SD NEGERI 05 SIDOHARJO KABUPATEN WONOGIRI


Desi Kusnul Qotimah, 3201417077 (2021) PEMANFAATAN MEDIA KOMIK SEBAGAI EDUKASI MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI BAGI SISWA SD NEGERI 05 SIDOHARJO KABUPATEN WONOGIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201417077 - Desi Kusnul(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan pendidikan kebencanaan merupakan usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan yaitu untuk menambah pengetahuan mitigasi bencana dan meminimalkan resiko bencana. Bencana gempa bumi merupakan bencana yang rentan terjadi dan memakan korban jiwa. Anak – anak termasuk kelompok yang rentan terhadap bencana sehingga dibutuhkan pendidikan mitigasi bencana sejak dini. Pendidikan mitigasi bencana terdapat dalam program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk meningkatkan ketangguhan satuan pendidikan terhadap bencana, yakni dengan menetapkan program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan dampak bencana di satuan pendidikan. Pemanfaatan media komik mitigasi bencana gempa bumi diharapkan mampu digunakan sebagai alternatif media pembelajaran bagi siswa. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui kelayakan media komik, sehingga layak sebagai media pembelajaran mitigasi bencana (2) Mengetahui efektivitas penggunaan media komik dalam meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana gempa bumi pada siswa sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, desain penelitian menggunakan pre-experimental design dengan pola two-group pre-test-post-test design. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling (sampel bertujuan) yaitu menetapkan sampel berdasarkan kriteria penelitian. Pada penelitian ini menggunakan sampel siswa kelas tingkat tinggi di sekolah dasar yang sudah mendapat materi bencana yaitu siswa kelas 5 sejumlah 15 orang dan kelas 6 sejumlah 16 orang di SD Negeri 05 Sidoharjo yang berada di wilayah rawan bencana dengan kelas bahaya sedang. Variabel dalam penelitian ini yaitu (1) validasi kelayakan media komik mitigasi bencana gempa bumi oleh para ahli dengan validitas penilaian dari segi kelayakan materi, kelayakan media dan kelayakan kebahasaan ,(2) keefektifan media komik mitigasi bencana gempa bumi dengan menggunakan pre-test dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil validitas media komik pada penilaian kelayakan materi didapatkan hasil 99,10 %, kelayakan media 80,5 % dan bahasa 90,91 % pada uji validasi media komik sehingga didapatkan rata-rata penilaian dari para ahli sebesar 88,19 % yang berati media komik ini dikategorikan sangat baik, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar pada nilai pretest dan posttest dapat di lihat dari hasil uji t nilai Sig(2-tail) 0,000 < 0,005, dan hasil nilai n-Gain sebesar 0,45 dengan kategori sedang dapat dikatakan bahwa media komik efektifix untuk digunakan sebagai pembelajaran siswa sekolah dasar, (3) Respon siswa terhadap media komik sebesar 92,56 % yang berarti menunjukkan respon positif dari siswa dengan kategori sangat tinggi. Saran, penggunaan media komik dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran dalam meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana gempa bumi untuk anak usia sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media komik, Edukasi , Mitigasi Bencana.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 21 Nov 2022 01:39
Last Modified: 21 Nov 2022 01:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53227

Actions (login required)

View Item View Item