ANALISIS PENGARUH GROSS DOMESTIC PRODUCT, URBANISASI, PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK, LUAS KAWASAN HUTAN TERHADAP LINGKUNGAN


Nur Amalia Nabila, 7111417038 (2021) ANALISIS PENGARUH GROSS DOMESTIC PRODUCT, URBANISASI, PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK, LUAS KAWASAN HUTAN TERHADAP LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGARUH GROSS DOMESTIC PRODUCT, URBANISASI, PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK, LUAS KAWASAN HUTAN TERHADAP LINGKUNGAN] PDF (ANALISIS PENGARUH GROSS DOMESTIC PRODUCT, URBANISASI, PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK, LUAS KAWASAN HUTAN TERHADAP LINGKUNGAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan ekonomi diekspektasikan mampu memperbaiki kualitas hidup masyarakat, akan tetapi dengan demikian proses pembangunan memiliki efek samping atau eksternalitas negatif yaitu menurunnya kualitas lingkungan. Meningkatnya kebutuhan manusia setiap tahunnya berdampak terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gross Domestic Bruto (GDP), urbanisasi, penggunaan energi listrik dan luas kawasan hutan terhadap lingkungan yang dilihat dari emisi karbondioksida (CO2). Metode yang digunakan bersifat kuantitatif berasal dari data sekunder pada negara China, India, US, Indonesia dan Brazil pada tahun 2000-2018. menggunakan analisis regresi data panel dengan metode Fixed Effect Model (FEM) menggunakan alat bantu E-views 9. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan energi listrik dan luas kawasan hutan berpengaruh signifikan positif terhadap emisi karbondioksida (CO2), urbanisasi berpengaruh signifikan negatif terhadap emisi karbondioksida (CO2) dan Gross Domestic Bruto (GDP) tidak berpengaruh terhadap emisi karbondioksida (CO2). Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini yaitu (1) Perlu adanya peran pemerintah dalam melakukan penegakkan dan optimalisasi terhadap pengurangan degradasi lingkungan (2) kesadaran individu dalam setiap tindakan yang harus mengacu pada keberlanjutan lingkungan, seperti penggunaan energi rendah karbon, penghematan energi dengan adanya peralihan bahan bakar energi fosil menjadi energi yang terbarukan (EBT).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gross Domestic Product, Urbanisasi, Penggunaan Energi Listrik dan Luas Kawasan Hutan, Emisi Karbondioksida (CO2)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 21 Nov 2022 00:58
Last Modified: 21 Nov 2022 00:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53225

Actions (login required)

View Item View Item