PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, PENGANGGURAN DAN TABUNGAN TERHADAP SUKU BUNGA DAN INFLASI DI INDONESIA TAHUN 1986-2019


Diyah Ayu Wulansari, 7111417037 (2021) PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, PENGANGGURAN DAN TABUNGAN TERHADAP SUKU BUNGA DAN INFLASI DI INDONESIA TAHUN 1986-2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, PENGANGGURAN DAN TABUNGAN TERHADAP SUKU BUNGA DAN INFLASI DI INDONESIA TAHUN 1986-2019] PDF (PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, PENGANGGURAN DAN TABUNGAN TERHADAP SUKU BUNGA DAN INFLASI DI INDONESIA TAHUN 1986-2019) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Inflasi, suku bunga, tabungan, pertumbuhan ekonomi, dan pengangguran merupakan variabel fundamental makro ekonomi yang penting dan saling berpengaruh serta harus tetap dapat dijaga stabilitasnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh langsung, pengaruh tidak langsung dan pengaruh total dari variabel pertumbuhan ekonomi, pengangguran dan tabungan terhadap suku bunga dan inflasi selama periode penelitian tahun 1986-2019. Sumber data utama dalam skripsi ini digunakan data sekunder (time series) selama 33 tahun (1986-2019). Metode analisis penelitian ini digunakan model eksperimen bentuk regresi-korelasi berganda dengan teknik (OLS) untuk mencari bentuk model terbaik yang sesuai teori ekonomi dan kondisi empiris perekonomian di Indonesia. Berdasarkan metode eksperimen tersebut dapat dipilih model terbaik yang selanjutnya di kaji dengan teknik path analysis untuk mencari pengaruh langsung, tidak langsung dan totalnya. Hasil riset utama menunjukkan bahwa variabel fundamental makro ekonomi; tabungan, pertumbuhan ekonomi dan pengangguran berpengaruh negatif dan signifikan baik secara langsung terhadap inflasi dan secara tidak langsung melalui tingkat suku bunga terhadap inflasi. Artinya, hasil riset ini juga mendukung teori Philips yang menyatakan ada hubungan negatif antara pengangguran dan inflasi. Berdasarkan hasil path analysis, kontribusi pengaruh terbesar pertama tersebut, nampak diberikan dari variabel pertumbuhan ekonomi, dan sumbangan terkecil dari variabel pengangguran. Artinya, dalam model tersebut dapat dinyatakan bahwa kenaikan pertumbuhan ekonomi mampu memberikan kontribusi terbesar pertama dalam upaya mengendalikan inflasi. Sedangkan, faktor pengangguran memberikan kontribusi terkecil dalam penurunan laju inflasi. Dengan demikian, secara teoretis dan empiris untuk dapat menjaga stabilitas ekonomi makro, khususnya dalam menurunkan inflasi dengan baik, terlebih dahulu harus ditingkatkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan penurunan pengangguran. Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk peneltian selanjutnya dan dapat lebih dikembangkan lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inflasi, Suku Bunga, Pertumbuhan Ekonomi, Pengangguran, dan Tabungan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 21 Nov 2022 00:53
Last Modified: 21 Nov 2022 00:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53224

Actions (login required)

View Item View Item