PENGEMBANGAN WILAYAH MELALUI PENENTUAN PUSAT PERTUMBUHAN DI KABUPATEN PURWOREJO


Arrissa Khinanti, 711141703 (2021) PENGEMBANGAN WILAYAH MELALUI PENENTUAN PUSAT PERTUMBUHAN DI KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN WILAYAH MELALUI PENENTUAN PUSAT PERTUMBUHAN DI KABUPATEN PURWOREJO] PDF (PENGEMBANGAN WILAYAH MELALUI PENENTUAN PUSAT PERTUMBUHAN DI KABUPATEN PURWOREJO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Purworejo menunjukkan nilai terendah dibanding dengan Kabupaten lainnya di Provinsi Jawa Tengah. Untuk menggambarkan pertumbuhan ekonomi suatu wilayah selain PDRB, dapat juga dengan melihat tingkat pelayanan di wilayah Kabupaten Purworejo, dimana terdapat perbedaan atau kesenjangan antara kecamatan- kecamatan di Kabupaten Purworejo. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan wilayah di Kabupaten Purworejo. Pengembangan wilayah yang dilakukan yaitu dengan penentuan pusat-pusat pertumbuhan berdasarkan kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pusat-pusat pertumbuhan di Kabupaten Purworejo, menentukan kecamatan yang paling optimal untuk dijadikan pusat pertumbuhan di Kabupaten Purworejo dan melihat keterkaitan atau interaksi antara kecamatan sebagai pusat pertumbuhan dengan kecamatan lainnya sebagai wilayah hinterland-nya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis skalogram, indeks sentralitas, dan model gravitasi. Data yang digunakan yaitu jumlah penduduk dan jenis fasilitas dari 16 Kecamatan di Kabupaten Purworejo. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan program Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecamatan yang dapat dijadikan pusat pertumbuhan yaitu kecamatan kutoarjo dan kecamatan purworejo. Hal ini karena kecamatan tersebut memiliki jenis fasilitas yang tinggi sehingga menduduki hirarki I baik dalam analisis skalogram maupun analisis indeks sentralitas. Dimana semakin tinggi jenis fasilitasnya maka akan semakin baik tingkat pelayanan. Selain itu, keterkaitan antara kecamatan sebagai pusat pertumbuhan dengan kecamatan lainnya sebagai hinterland-nya, bahwa kecamatan Kutoarjo dengan wilayah hinterland-nya yaitu Kecamatan Bayan, dan Kecamatan Purworejo dengan wilayah hinterland-nya kecamatan Gebang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pusat Pertumbuhan, Skalogram, Sentralitas, Model Gravitasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 18 Nov 2022 04:38
Last Modified: 18 Nov 2022 04:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53222

Actions (login required)

View Item View Item