EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EBOOKLET TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TANAH LONGSOR SISWA KELAS XII SMA N 12 SEMARANG


Maulana Akbar, 3201417062 (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EBOOKLET TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TANAH LONGSOR SISWA KELAS XII SMA N 12 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201417062 - Maulana Akbar(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Secara garis besar, siswa yang tinggal di daerah rawan longsor perlu memiliki pengetahuan akan longsor. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran E-Booklet materi tanah longsor dengan tanpa media pembelajaran. (2) Untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan E-Booklet sebagai media pembelajaran pada materi tanah longsor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas XII IPS 2 dan XII IPS 5 SMA Negeri 12 Semarang dengan jumlah siswa sebanyak 58 siswa. Kelas XII IPS 2 terdapat 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS 5 terdapat 29 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen yaitu kelas yang mendapatkan perlakuan menggunakan media pembelajaran e-booklet dan kelas kontrol adalah kelas yang mendapatkan perlakuan menggunakan media konvensional. Teknik pengumpulan data dengan tes(pre test dan post test). Metode analisis data yag digunakan adalah Uji Man-Whitenney ,Uji N-Gain, dan Indeks Persentase. Hasil penelitian pada siswa SMA Negeri 12 Semarang menunjukkan bahwa: Siswa sangat setuju bahwa media pembelajaran e-booklet membuat siswa paham, mudah digunakan, dan menambah minat dan motivasi untuk belajar tanah longsor. Kemudian Hasil belajar siswa menggunakan media e-booklet pada pre test sebesar (62,59) dan post test sebesar (84,48). Sedangkan pada media konvensional nilai pre test sebesar (58,28) dan post test sebesar (74,66). Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan ditunjukkan dengan (Assymp.Sig 0,05>0,001). Pembelajaran menggunakan media e-booklet termasuk dalam kategori cukup efektif (56,81% ) sedangkan media konvensioal termasuk dalam kategori tidak efektif (39,41%). Indeks persentase menunjukkan hasil diatas 80% yang artinya siswa sangat setuju jika media pembelajaran e-booklet membantu siswa memahami materi tanah longsor , mudah digunakan, dan menarik. Kesimpulan penelitian ini, media e-booklet lebih efektif daripada media konvensional. Media e-booklet sendiri memberikan gambaran lebih jelas, pemahaman materi dan pengalaman dalam penggunaan serta sangat cocok digunakan saat pembelajaran daring. Hasilnya terlihat pada peningkatan hasil belajar yang didapatkan. Saran penelitian, media e-booklet bisa menjadi pertimbangan bagi guru untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Pembelajaran, Perbedaan Hasil Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 18 Nov 2022 04:26
Last Modified: 18 Nov 2022 04:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53220

Actions (login required)

View Item View Item