IMPLEMENTASI METODE INKUIRI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATERI LITHOSFER SISWA KELAS X IPS DI SMA N 1 SULANG KABUPATEN REMBANG


Nabila Khoirunnisa Asy’ari, 3201417040 (2021) IMPLEMENTASI METODE INKUIRI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATERI LITHOSFER SISWA KELAS X IPS DI SMA N 1 SULANG KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201417040 - NABILA KHOIRUNNISA A(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran yang monoton membuat peserta didik kurang tertarik dan kurang aktif di dalam kelas. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan kurang sesuai, terutama pada kondisi pandemi saat ini. Adanya permasalahan tersebut salah satu akibat dari metode pembelajaran yang kurang efektif, yaitu menggunakan metode ceramah. Kegiatan pembelajaran jarak jauh dapat diterapkan menggunakan metode pembelajaran inkuiri. Dengan diterapkan metode inkuiri siswa menjadi lebih paham dan diberikan kebebasan dalam berpikir serta mencari solusi permasalahan itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk : 1) mengetahui upaya penerapan metode inkuiri pada pembelajaran jarak jauh materi lithosfer siswa kelas X IPS di SMA N 1 Sulang, 2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dengan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas X IPS di SMA N 1 Sulang, 3) mengetahui tingkat efektifan penerapan metode inkuiri pada pembelajaran jarak jauh siswa kelas X IPS di SMA N 1 Sulang. Dalam penelitian ini fokus penelitiannya meliputi: Implementasi metode inkuiri, Pembelajaran jarak jauh, dan Materi lithosfer. Alat dan teknik pengumpulan data berupa: metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Uji validitas data dengan menggunakan uji kredibilitas data, antara lain dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, dan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode inkuiri pada pembelajaran jarak jauh materi lithosfer siswa kelas X IPS 1 berjalan dengan lancar karena guru dan siswa dapat memahami dan mengikuti pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah metode inquiry, lalu pada pembelajaran jarak jauh ini meningkatkan aktivitas siswa kelas X IPS 1 dimana mereka aktif dalam bertanya, menjawab, serta menjawab lembar kerja yang diberikan oleh guru, kemudian penerapan metode inquiry saat pembelajaran jarak jauh materi lithosfer sangat berjalan dengan efektif karena siswa sangat antusitas dan dapat berfikir secara kritis dalam memecahan masalah serta didukung oleh sumber belajar, media dan cara penyampaian guru. Saran, metode inkuiri perlu dilanjutkan dan dikembangkan oleh guru sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran geografi khususnya pada materi lithosfer, karena mudah dipahami, meningkatkan aktivitas dan keefektifan siswa dalam pembelajaran jarak jauh

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Inkuiri, Pembelajaran Jarak Jauh, Lithosfer
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 18 Nov 2022 04:02
Last Modified: 18 Nov 2022 04:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53219

Actions (login required)

View Item View Item