RANCANG BANGUN PRE-HEATER UMPAN CAIRAN PADA ALAT SPRAY DRYER


Untoro Baihaqi, .5211417012 (2021) RANCANG BANGUN PRE-HEATER UMPAN CAIRAN PADA ALAT SPRAY DRYER. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of RANCANG BANGUN PRE-HEATER UMPAN CAIRAN  PADA ALAT SPRAY DRYER] PDF (RANCANG BANGUN PRE-HEATER UMPAN CAIRAN PADA ALAT SPRAY DRYER) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengeringan adalah proses perpindahan massa air atau pelarut lainnya dari suatu zat padat atau semi padat dengan menggunakan penguapan. Seiring perkembangan teknologi, pengeringan menggunakan alat pengering semprot atau yang biasa disebut spray dryer telah banyak dioperasikan pada berbagai bidang. Beberapa hal yang dialami saat pengoperasian spray dryer adalah banyak cairan yang gagal menjadi bubuk dikarenakan temperatur cairan umpan yang masih rendah. Tujuan dari rancang bangun pre-heater umpan ini adalah untuk meningkatkan temperatur umpan masuk 70-90°C, dan meningkatkan debit umpan masuk 600-1500 ml/jam. Pre-heater umpan cairan merupakan produk yang dibuat untuk memanaskan cairan umpan dengan memanfaatkan panas sisa pada pipa inlet udara panas. Model rancangan yang digunakan pada perancangan ini adalah model pahl dan beitz dengan memperhatikan empat tahapan, yaitu perencanaan dan penjelasan produk, perancangan konsep produk, perancangan bentuk produk, dan perancangan detail produk. Hasil perancangan pre-heater umpan cairan pada alat spray dryer menunjukkan pada temperatur udara panas 230°C menghasilkan temperatur umpan sebesar 76,75°C. Pengujian dengan temperatur udara panas 220°C menghasilkan temperatur umpan 76,1°C. Debit aliran umpan sudah dapat mencapai 975 ml/jam pada kecepatan pompa yang sudah stabil. Hasilnya pre-heater umpan lebih optimal dan efisien jika menggunakan temperatur udara pemanas 230°C karena lebih stabil dalam tinggi rendahnya temperatur umpan pada saat pengujian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Spray dryer, Pre-heater, Perancangan, Temperatur cairan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:07
Last Modified: 18 Nov 2022 02:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53208

Actions (login required)

View Item View Item