PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA KOMPETENSI 3D FRONT WHEEL ALIGNMENT


Wahyu Rossy Maulana, 5202416084 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA KOMPETENSI 3D FRONT WHEEL ALIGNMENT. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN  INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID  UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA  PADA KOMPETENSI 3D FRONT WHEEL  ALIGNMENT] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA KOMPETENSI 3D FRONT WHEEL ALIGNMENT) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan aplikasi media pembelajaran yang bersifat interaktif dan berbasis android (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran, (3) mengetahui peningkatan pemahaman siswa serta (4) mengetahui tanggapan pengguna atau siswa terhadap media pembelajaran berbasis android pada kompetensi front wheel alignment. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation), Desain uji yang dilakukan terhadap responden yaitu menggunakan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian pada uji tingkat kelayakan aplikasi mendapatkan skor sebesar 86% untuk penilaian pada aspek media dan 91,6% didapatkan untuk penilaian pada aspek materi, kedua nilai tersebut masuk dalam kategori “sangat layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa menjadi tolak ukur pemahaman yang dilihat dari perbandingan nilai pretest dan post-test. Nilai rata-rata yang diperoleh pada pretest adalah sebesar 56,67 dan rata-rata yang diperoleh pada post-test adalah sebesar 83,78. Uji-t memperoleh nilai thitung sebesar 18,02 > ttabel sebesar 2,04 yang berarti ada perbedaan yang signifikan, Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dari perhitungan rata-rata N-Gain yaitu sebesar 0,63 sehingga masuk dalam kategori peningkatan “Sedang”, sedangkan hasil perhitungan tanggapan siswa diperoleh sebesar 78,8% sehingga masuk dalam kategori “Sangat Baik”

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Android, Front Wheel Alignment
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:11
Last Modified: 17 Nov 2022 07:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53203

Actions (login required)

View Item View Item