PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI BAHAN KAMPAS KOPLING TERHADAP TORSI, DAYA, DAN AKSELERASI SEPEDA MOTOR


Anton Sugiarto, 5202416005 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI BAHAN KAMPAS KOPLING TERHADAP TORSI, DAYA, DAN AKSELERASI SEPEDA MOTOR. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI BAHAN  KAMPAS KOPLING TERHADAP TORSI, DAYA, DAN AKSELERASI SEPEDA MOTOR] PDF (PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI BAHAN KAMPAS KOPLING TERHADAP TORSI, DAYA, DAN AKSELERASI SEPEDA MOTOR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan sepeda motor Yamaha Jupiter Z 110 cc yang mayoritas untuk kebutuhan delivery dan balap memerlukan performa yang optimal. Kopling merupakan komponen penting untuk menyalurkan tenaga dari mesin sampai ke transmisi, maka diperlukan kinerja kopling yang baik sehingga tenaga yang diteruskan dapat tersalurkan dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan variasi bahan kampas kopling terhadap torsi, daya, dan akselerasi sepeda motor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, pengujian dilakukan untuk mengetahui nilai torsi, daya, dan akselerasi menggunakan alat dinamometer. Data yang diperoleh dari pengujian selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan kampas kopling racing berbahan keramik dari TDR dan berbahan rockwool dari Kawahara terhadap torsi, daya, dan akselerasi sepeda motor Yamaha Jupiter Z 110 cc. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan kampas kopling racing berbahan keramik dan rockwool dapat meningkatkan torsi, daya, dan akselerasi baik pada putaran rendah, sedang, dan tinggi dibandingkan dengan kampas kopling standar. Kampas kopling berbahan rockwool menghasilkan nilai paling tinggi dengan torsi rata-rata sebesar 8,25 N.m pada putaran 6000 rpm, daya rata-rata sebesar 7,63 HP pada putaran 7000 rpm, dan akselerasi rata-rata sebesar 2,69 m/s2 pada rentang kecepatan 40 km/h sampai dengan 80 km/h.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kampas kopling, keramik, rockwool, torsi, daya, akselerasi
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:12
Last Modified: 17 Nov 2022 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53193

Actions (login required)

View Item View Item