PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BERBASIS LED PADA KOMPETENSI PERAWATAN MOTOR STARTER TIPE PLANETARY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK


Ahmad Syarifudin Jamal, . 5202415075 (2021) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BERBASIS LED PADA KOMPETENSI PERAWATAN MOTOR STARTER TIPE PLANETARY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BERBASIS LED PADA KOMPETENSI PERAWATAN MOTOR  STARTER TIPE PLANETARY UNTUK  MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK] PDF (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BERBASIS LED PADA KOMPETENSI PERAWATAN MOTOR STARTER TIPE PLANETARY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan Media pembelajaran alat peraga yang sesuai dapat menarik minat belajar. Guru masih menggunakan power point dalam menyampaikan materi kompetensi perawatan motor starter tipe planetary. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan alat peraga, mengetahui peningkatan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya diterapkan alat peraga dengan siswa yang tidak diterapkan alat peraga dan tanggapan siswa terhadap alat peraga yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Four D) yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu: 1) Define, 2) Design, 3) Develop, 4) Disseminate. Desain penelitian menggunakan true experimental design dengan pendekatan pre test-post test control group design. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, analisis kelayakan produk, dan analisis tanggapan siswa. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa alat peraga motor starter tipe planetary. Berdasarkan uji kelayakan alat peraga diperoleh sebesar 94,44% untuk ahli media dan 96,25% untuk ahli materi, sehingga dikategorikan sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 5,69 untuk kelompok kontrol dan 10,44 untuk kelompok ekperimen. Dari hasil uji-t didapatkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kompetensi perawatan motor starter tipe planetary. Analisis tanggapan siswa terhadap alat peraga diperoleh sebesar 87,60% termasuk kategori sangat baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: alat peraga berbasis LED, kompetensi perawatan motor starter, hasil belajar, siswa SMK.
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:58
Last Modified: 17 Nov 2022 03:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53190

Actions (login required)

View Item View Item