Peningkatan Kemampuan Deklamasi Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III SD Negeri Bringin 02 Kecamatan Ngaliyan
Ngasiani, 1402907121 (2011) Peningkatan Kemampuan Deklamasi Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III SD Negeri Bringin 02 Kecamatan Ngaliyan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Kemampuan Deklamasi Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III SD Negeri Bringin 02 Kecamatan Ngaliyan)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan pembelajaran deklamasi dapat diukur dari keterjalinan peragaan deklamasi dengan pendengar. Oleh karena itu, pendeklamasi yang ingin berhasil dalam berkomunikasi harus menguasai ketrampilan berbicara dengan baik. Tjahyono dan Setiawan (1997:3.26) mengemukakan bahwa deklamasi yang baik yang dapat dilihat dari kepiawaiannya menggunakan bahasa. Bahasa tersebut dipilih, diolah, dan digayakan sehingga pendengar terpukau dan puas. Kondisi riil di SD Negeri Bringin 02, melalui pembelajaran deklamsi menunjukkan kemampuan yang rendah maka solusi yang ditawarkan melalui metode demonstrasi dengan penelitian tindakan kelas. Masalah dalam penelitian adalah (1) apakah dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar deklamasi pada siswa kelas 3 SD Negeri Bringin 02 (2) apakah dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan deklamasi pada siswa kelas 3 SD Negeri Bringin 02. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar deklamasi melalui metode demontrasi pada siswa kelas 3 SD Negeri Bringin 02, menunjukkan hasil baik (78). Kemampuan deklamasi melalui metode demontrasi pada siswa kelas 3 SD Negeri Bringin 02 menunjukkan hasil baik (79). Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan (1) metode demonstrasi dapat dipertimbangkan untuk diterapkan dalam pembelajaran membaca puisi deklamasi (2) untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih bervariasi guru perlu memadu metode demontrasi dengan metode lain dan, (3) hasil penelitian ini hendaknya ditindaklanjuti penelitian berikutnya dengan lebih banyak menyiapkan variasi peran untuk dilaksanakan siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Deklamasi, Metode Demontrasi, Ketrampilan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 04 Oct 2011 08:38 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5319 |
Actions (login required)
View Item |