RANCANG BANGUN SISTEM PENGAMAN SEPEDA MOTOR TERINTEGRASI DENGAN SISTEM REM HIDROLIK BERBASIS ARDUINO


Handy Nur Pratama, .5202415054 (2021) RANCANG BANGUN SISTEM PENGAMAN SEPEDA MOTOR TERINTEGRASI DENGAN SISTEM REM HIDROLIK BERBASIS ARDUINO. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of RANCANG BANGUN SISTEM PENGAMAN SEPEDA  MOTOR TERINTEGRASI DENGAN SISTEM REM  HIDROLIK BERBASIS ARDUINO] PDF (RANCANG BANGUN SISTEM PENGAMAN SEPEDA MOTOR TERINTEGRASI DENGAN SISTEM REM HIDROLIK BERBASIS ARDUINO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sistem pengaman sepeda motor bertujuan untuk mencegah sepeda motor dari pencurian. Sistem pengaman sepeda motor terintegrasi dengan sistem rem hidrolik berbasis Arduino adalah sistem pengaman yang memanfaatkan sistem rem dikombinasikan dengan mikrokontroler sehingga tercipta sistem pengaman yang membuat sepeda motor tidak dapat melaju, karena sistem rem menghentikan roda untuk berputar saat terjadi gangguan pencurian pada sepeda motor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis statistik deskriptif yaitu teknik perhitungan persentase. Uji alat yang dilakukan adalah uji kinerja alat dan uji kelayakan alat. Hasil uji kinerja alat oleh ahli memperoleh persentase 100%, hasil tersebut menunjukan bahwa alat bekerja sesuai dengan kriteria pada lembar observasi dan program yang dibuat oleh peneliti. Hasil uji kelayakan alat oleh ahli diperoleh dari lembar uji kelayakan yang didalamnya terdapat aspek ergonomi dengan hasil persentase 85% dan aspek teknis dengan hasil persentase 88,3%. Hasil uji kelayakan menunjukan bahwa alat memiliki aspek ergonomi yaitu nilai guna alat berupa keamanan dan kenyamanan, selain itu terdapat aspek teknis yaitu pengoperasian alat yang mudah dan komponen berfungsi dengan baik. Hasil uji kinerja dan uji kelayakan berada diatas batasan minimum sangat layak yaitu 81%, sehingga dapat disimpulkan bahwa alat sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sistem pengaman, mikrokontoler, penelitian pengembangan
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:23
Last Modified: 17 Nov 2022 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53188

Actions (login required)

View Item View Item