EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI GEOGRAFI TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATERI POKOK HIDROSFER PELAJARAN GEOGRAFI BAGI KELAS X IPS 2 DI MAN BLORA


Valdino Khosyik Marsa, 3201417030 (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI GEOGRAFI TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATERI POKOK HIDROSFER PELAJARAN GEOGRAFI BAGI KELAS X IPS 2 DI MAN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201417020 - rini nyartika(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Kurangnya pemahaman literasi geografi sangat membahayakan bagi seorang peserta didik, karena hal ini dapat mengancam eksistensi kehidupan di permukaan bumi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan dan efektifitas model pembelajaran berbasis literasi geografi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, yaitu penelitian yang menggunakan treatment tertentu terhadap subjek penelitian untuk meningkatkan suatu keadaan. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPS di MAN Blora. Sedangkan sampel dalam peelitian ini adalah kelas X IPS 2 di MAN Blora. Purposive sampling merupakan teknik yang digunakan dalam penentuan sampe penelitian ini.Penelitian ini memfokuskan pada keefektifan model pembelajaran berbasis literasi geografi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik statistic deskriptif dan uji t-test. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran berbasis literasi geografi dilakukan dengan tiga tahap, yaitu tahap pendahuluan, inti pembelajaran (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi), dan tahap penutup. Sedangkan dari hasil uji analisis data diperoleh rata-rata skor pre-test adalah 42,4. Sedangkan rata-rata skor post-test adalah 81,6. Sedangkan dari hasil uji analisis data menggunakan uji paired sample t-test SPSS 23 juga didapatkan hasil bahwa Nilai t-hitung > t-tabel (13,67 > 2,042) dan p value (0 < 0,05), maka Ho ditolak sehingga pembelajaran jarak jauh mata pokok hidrosfer pelajaran geografi pada kelas X IPS 2 menggunakan model pembelajaran berbasis literasi geografi efektif diterapkan. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka hal yang disarankan oleh peneliti adalah (1) Pendidik diharapkan dapat memahami sintaks/langkah-langkah penerapanmodel pembelajaran berbasis literasi geografi. (2) Peserta didik diharapkanlebih berperan aktif dalam pelaksanaan model pembelajaran berbasis literasi geografi mengenai materi pokok hidrosfer.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Literasi Geografi, Pembelajaran Jarak Jauh, Pembelajaran Geografi.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:33
Last Modified: 18 Nov 2022 02:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53185

Actions (login required)

View Item View Item