PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KOPLING BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 JEPARA


Arip Nugroho, 5202415032 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KOPLING BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 JEPARA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN  SISTEM KOPLING BERBASIS APLIKASI ANDROID  UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA  SMK NEGERI 1 JEPARA] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KOPLING BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 JEPARA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran mempunyai posisi penting dalam kegiatan belajar, karena media ini berfungsi sebagai sarana komunikasi antara siswa dan pendidik, terlebih lagi kegiatan belajar tidak akan pernah lepas dengan kegiatan komunikasi. Salah satu teknologi yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran adalah pemanfaatan aplikasi android, hal ini didukung pulang semakin meningkatnya pengguna smartphone di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran sistem kopling berbasis android yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Desain uji coba yang digunakan yaitu One-Group Pretest-Posttest Design atau membandingkan hasil sebelum dan sesudah penerapan, yang diuji cobakan pada siswa SMK Negeri 1 Jepara berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes pilihan ganda. Hasil uji kelayakan produk diperoleh bahwa media yang dikembangkan layak secara materi dan media yang telah dinilai oleh 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Hasil penelitian yang dilakukan kepada siswa menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajaran siswa yang dilihat dan diuji berdasarkan hasil nilai pretest dan posttest. Rata-rata nilai hasil pretest siswa sebesar 57,3 sedangkan rata-rata nilai hasil posttest siswa sebesar 82,1. Hasil perhitungan dari uji t diperoleh thitung sebesar 16,65 dan ttabel sebesar 2,045, sehingga thitung > ttabel atau bisa dikatakan thitung berada pada daerah penolakan Ho yang berarti terjadi peningkatan hasil belajaran siswa. Hasil perhitungan uji gain ternormalisasi memperoleh hasil rerata nilai gain sebesar 0,58, berarti peningkatan yang terjadi masuk kedalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media; Android; Kopling
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:57
Last Modified: 17 Nov 2022 02:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53182

Actions (login required)

View Item View Item