PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DRAMATIC LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN MITIGASI BENCANA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 TEBO


Afifah Kurnia Noviandri, 3201417008 (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DRAMATIC LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN MITIGASI BENCANA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 TEBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201417008 - Afifah Kurnia Noviandri(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran membutuhkan komunikasi positif dua arah yang dilakukan antara guru dengan siswa, tetapi dalam kenyataannya keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran masih kurang. Sehingga perlu adanya perubahan model pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa di dalam pembelajaran adalah model pembelajaran dramatic learning. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah: 1) Mengetahui desain model pembelajaran dramatic learning terhadap pembelajaran mitigasi bencana siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tebo. 2) Mengimplementasikan model pembelajaran dramatic learning dalam pembelajaran mitigasi bencana siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tebo. 3) Menganalisis efektivitas model pembelajaran dramatic learning terhadap pembelajaran mitigasi bencana siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tebo. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian pre-experimental design, dengan desain one-group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tebo. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain model pembelajaran dramatic learning penting diberikan kepada siswa pada awal pembelajaran, desain model dalam penelitian ini terdiri dari desain bencana banjir, gempa bumi, dan kebakaran hutan. Implementasi pelaksanaan pembelajaran berdasarkan pengamatan terhadap lima indikator memperoleh hasil shift ganjil sebesar 87,5% dan shift genap 88,82%, adanya peningkatan pemahaman dan keaktifan siswa terhadap materi mitigasi bencana siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tebo yang dibuktikan berdasarkan hasil deskriptif persentase pertama hasil belajar siswa shift ganjil 94,628% sedangkan shift genap 84,314%, kedua aktivitas siswa shift ganjil 87,72% dan shift genap 85,94%, ketiga respon siswa shift ganjil 92,50% dan genap 95,88%. Saran dari penelitian ini adalah pada penelitian selanjutnya hendaknya melakukan persiapan yang matang terkait dengan implementasi pelaksanaan drama serta materi ajar yang akan digunakan, kemudian melakukan evaluasi apabila terdapat beberapa kendala dalam penerapan model pembelajaran dramatic learning. Hal ini diharapkan agar pembelajaran dapat terlaksana secara optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Mitigasi Bencana, Dramatic Learning
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:03
Last Modified: 17 Nov 2022 02:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53181

Actions (login required)

View Item View Item