EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE JUMPING TASK PADA MATERI PENGETAHUAN DASAR PEMETAAN KELAS X IPS MA NEGERI PURWOREJO TAHUN AJARAN 2020/2021


Lu’luun Nafisah, 3201417006 (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE JUMPING TASK PADA MATERI PENGETAHUAN DASAR PEMETAAN KELAS X IPS MA NEGERI PURWOREJO TAHUN AJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201417006 - Luluun Nafisah(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Metode pembelajaran merupakan salah satu kompenen penting yang menunjang pelaksanaan pembelajaran geografi. Banyak jenis metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran, namun beberapa guru masih menggunakan jenis metode konvensional. Kurangnya variasi dalam memilih metode pembelajaran dapat mempengaruhi pencapaian hasil belajar siswa. Metode jumping task merupakan salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran geografi. Sehingga didapatkan rumusan masalah berupa bagaimana penerapan dan efektivitas metode jumping task terhadap hasil belajar siswa pada materi pengetahuan dasar pemetaan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menerapkan metode jumping task pada materi pengetahuan dasar pemetaan kelas X IPS MA Negeri Purworejo Tahun Ajaran 2020/2021; 2) Menganalisis efektivitas metode jumping task pada materi pengetahuan dasar pemetaan terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS MA Negeri Purworejo Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS MA Negeri Purworejo. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling dan terpilih kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini adalah pelaksanaan metode jumping task ditinjau dari aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, tes dan wawancara. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode jumping task berjalan baik dengan dibuktikan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen (X IPS 2) menunjukkan kriteria aktif dengan rata-rata 17,94.Sedangkan pelaksanaan pembelajaran di kelas kontrol (X IPS 3) menunjukkan rata-rata 15,17 dengan kriteria aktivitas belajar sedang. 2) Hasil belajar pada kelas eksperimen dengan metode jumping task menunjukkan rata-rata 79,56 lebih baik dari kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional dengan rata-rata 73,17. Hal tersebut diperkuat dengan hasil uji t yang menunjukkan nila thitung (4,2833) > ttabel (1,994). Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode jumping task efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi pengetahuan dasar pemetaan. Saran dari hasil penelitian ini yaitu diharapkan metode jumping task dapat dijadikan alternatif guru dalam memberikan variasi metode pembelajaran khususnya pada pelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Jumping Task, Pemetaan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 16 Nov 2022 08:25
Last Modified: 16 Nov 2022 08:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53172

Actions (login required)

View Item View Item