Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi melalui Media Gambar Karikatur Teknik Pancingan Kata Kunci pada Siswa Kelas X.1 MA Al Hadi Mranggen Demak
Abdullah Qoyyumus Syarif , 2101407128 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi melalui Media Gambar Karikatur Teknik Pancingan Kata Kunci pada Siswa Kelas X.1 MA Al Hadi Mranggen Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi melalui Media Gambar Karikatur Teknik Pancingan Kata Kunci pada Siswa Kelas X.1 MA Al Hadi Mranggen Demak)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X.1 MA Al Hadi Mranggen Demak masih rendah. Hal tersebut disebabkan siswa maupun guru menganggap keterampilan menulis argumentasi sulit untuk dikuasai maupun diajarkan. Penggunaan media dan teknik pembelajaran kurang menarik dan membosankan. Selain itu, guru tidak memiliki waktu yang cukup untuk membimbing siswa dalam menguasai keterampilan menulis argumentasi. Faktor lain yang memengaruhi rendahnya keterampilan siswa dalam menulis argumentasi adalah rendahnya minat siswa dalam pembelajaran menulis argumentasi sehingga siswa sulit menuangkan ide, gagasan, dan argumennya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana proses pembelajaran menulis argumentasi melalui media gambar karikatur teknik pancingan kata kunci pada siswa kelas X.1 MA Al Hadi Mranggen Demak?, (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X.1 MA Al Hadi Mranggen Demak setelah melaksanakan pembelajaran menulis argumentasi melalui media gambar karikatur teknik pancingan kata kunci?, dan (3) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas X.1 MA Al Hadi Mranggen Demak setelah melaksanakan pembelajaran menulis argumentasi melalui media gambar karikatur teknik pancingan kata kunci?. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu (1) mendeskripsi proses pembelajaran menulis argumentasi melalui media gambar karikatur teknik pancingan kata kunci pada siswa kelas X.1 MA Al Hadi Mranggen Demak, (2) mendiskripsi peningkatan keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X.1 MA Al Hadi Mranggen Demak setelah melaksanakan pembelajaran menulis argumentasi melalui media gambar karikatur teknik pancingan kata kunci, dan (3) mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas X.1 MA Al Hadi Mranggen Demak setelah melaksanakan pembelajaran menulis argumentasi melalui media gambar karikatur teknik pancingan kata kunci. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis argumentasi siswa MA kelas X. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas X.1 MA Al Hadi Mranggen Demak dengan jumlah 32 siswa, terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel keterampilan menulis argumentasi dan variabel penggunaan media gambar karikatur dan teknik pancingan kata kunci. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Tes dilaksanakan dalam bentuk uraian berupa tes menulis argumentasi, sedangkan teknik nontes diterapkan melalui deskripsi perilaku ekologis, catatan harian guru dan siswa, wawancara, sosiometri, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa sebelum diberi tindakan, yaitu sebesar 54,78 dan berada dalam kategori kurang. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 13,25 atau 24,19% menjadi sebesar 68,03 dan berada dalam kategori cukup. Nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai batas ketuntasan yang telah ditetapkan oleh peneliti sehingga dilakukan siklus II. Pada siklus II, nilai rata-rata keterampilan menulis argumentasi meningkat sebesar 13,97 atau 20,53% menjadi sebesar 82 dan berada dalam kategori baik. Selain itu, hasil nontes menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Perubahan perilaku yang terjadi adalah siswa lebih aktif selama pembelajaran, lebih berfokus terhadap penjelasan guru dan berdisiplin dalam tugas, lebih jujur pada saat menulis argumentasi, lebih percaya diri dan saling menghargai dalam kegiatan presentasi, serta lebih mampu bekerja sama dan berbagi dengan temannya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menulis argumentasi dengan menggunakan media gambar karikatur dan teknik pancingan kata kunci telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X.1 MA Al Hadi Mranggen Demak dan mengubah perilaku siswa ke arah yang lebih positif. Mengacu pada simpulan tersebut, peneliti menyarankan agar guru bahasa dan sastra Indonesia menggunakan model pembelajaran menulis argumentasi melalui media gambar karikatur teknik pancingan kata kunci. Penerapan model tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kondisi siswa, kondisi lingkungan sekolah, serta kondisi lingkungan masyarakat sekitar sehingga hasil yang diperoleh bermanfaat secara maksimal. Para peneliti bidang bahasa dan sastra Indonesia disarankan agar melakukan penelitian lanjutan mengenai keterampilan menulis argumentasi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis argumentasi, media gambar karikatur, teknik pancingan kata kunci |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 04 Oct 2011 08:23 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5317 |
Actions (login required)
View Item |