EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFIKU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI KELAS X IPS SMAN 1 BAE DI MASA PANDEMI COVID-19


Sunia Bil Qur’ani, 3201417005 (2021) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFIKU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI KELAS X IPS SMAN 1 BAE DI MASA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201417005 - Sunia Bil Qur'ani(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

SMA Negeri 1 Bae merupakan salah satu sekolah menengah atas di Kabupaten Kudus yang melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Hal tersebut terjadi karena adanya wabah COVID 19 yang membuat siswa harus tetap di rumah. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada Bulan Februari 2021 di kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Bae didapatkan hasil belajar geografi siswa pada KD 1 Pengetahuan Dasar Geografi, banyak siswa yang nilainya belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dimana nilai hasil ulangan kelas X IPS 2 pada KD 1 Pengetahuan Dasar Geografi belum begitu memuaskan karena dari 36 siswa hanya 20 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas media pembelajaran geografiku dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pada materi pengetahuan dasar geografi kelas X IPS SMAN 1 Bae di masa pandemi COVID-19 dan untuk mengetahui respon belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran geografiku pada materi pengetahuan dasar geografi kelas X IPS SMAN 1 Bae di masa pandemi COVID-19. Dalam penelitian ini,objek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas X IPS 2 di SMAN 1 Bae yang berjumlah 36 siswa. Dimana metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan uji normalitas nilai pretest dan posttest,uji data, uji beda dua rata rata,dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran geografiku efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pengetahuan dasar geografi. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis 5 indikator suatu pembelajaran dikatakan efektif menurut Yusuf (2017) telah tercapai,adapun kelima indikator tersebut adalah seorang guru telah melaksanakan pengelolaan pelaksanaan pembelajaran dengan baik (mulai dari tahap pendahuluan,kegiatan inti,dan penutup), pembelajaran berjalan secara komunikatif, terdapat respon positif dari siswa, terdapat aktivitas belajar, dan hasil belajar dalam satu kelas, siswa mendapatkan nilai diatas KKM sebesar 86% (hasil belajar tercapai). Selain itu pembelajaran inivii juga dikatakan efektif karena skor perbedaan nilai pre-test dan post-test serta ratarata gain ternormalisasi telah tercapai. Dimana skor perbedaan rata-rata siswa pretest sebesar 45,80 sedangkan nilai post-test sebesar 83,00 yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran. Serta skor nilai N-Gain Percent sebesar 67,93% yang termasuk pada kategori sedang yang berarti efektif. Sedangkan berdasarkan hasil angket respon siswa, menunjukkan bahwa siswa kelas X IPS 2 merasa puas terhadap media pembelaran geografiku, hal ini berdasarkan pada hasil perhitungan rata rata pada masing masing dimensi,yaitu dimensi kognitif, afektif, dan konatif yang mendapatkan nilai 80,5%. Saran,desain dalam media pembelajaran geografiku pada setiap menunya supaya dibuat lebih bervariatif ,yaitu pada setiap menu, desain yang ditampilkan dibuat berbeda-beda,supaya media pembelajaran geografiku menjadi lebih menarik,untuk pemilihan warna pada media pembelajaran geografiku untuk ke depannya dibuat dengan menggunakan warna yang lebih soft, yaitu warna netral yang tidak terlalu mencolok, dan dalam proses pembelajaran menggunakan media geografiku,pastikan siswa sudah menginstal medianya di android mereka masingmasing,karena siswa belajarnya secara daring di rumah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Geografiku; Pembelajaran Geografi.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 16 Nov 2022 08:03
Last Modified: 16 Nov 2022 08:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53169

Actions (login required)

View Item View Item