RAM JET VENTILATION, PERUBAHAN STRUKTUR MORFOLOGI DAN GAMBARAN MIKROANATOMI INSANG IKAN LELE AKIBAT PAPARAN LIMBAH CAIR PEWARNA BATIK


Lisdiana, - RAM JET VENTILATION, PERUBAHAN STRUKTUR MORFOLOGI DAN GAMBARAN MIKROANATOMI INSANG IKAN LELE AKIBAT PAPARAN LIMBAH CAIR PEWARNA BATIK. Unnes Journal of Life Science.

[thumbnail of 2. Defrianto_Life science_3(1) 2014_Ram jet ventilation - SETYARINI SETYARINI.pdf] PDF
Download (510kB)
[thumbnail of Uji Turnitin] PDF (Uji Turnitin)
Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh limbah cair pewarna batik terhadap laju kecepatan ram jet ventilation, struktur morfologi dan mikroanatomi insang ikan lele (Clarias batrachus). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental, sampel penelitian diambil dengan metode random sampling yaitu diambil sampel ikan sebanyak 40 ekor usia 2 bulan. Penelitian dilakukan dengan menambahkan limbah cair pewarna batik berbeda konsentrasi pada akuarium yang berisi ikan lele, konsentrasi yang digunakan adalah kelompok 0 ppt (kontrol), 10 ppt, 15 ppt, 20 ppt, 25 ppt, 30 ppt dan 35 ppt selama 12 hari. Pengambilan data untuk laju kecepatan ram jet ventilation dengan cara memperhatikan gerak operkulum ikan lele setiap 2 hari sekali selama 1 menit kemudian data dianalisis dengan Anava satu arah dan uji lanjut BNT. Struktur morfologi diamati warna insang. Gambaran mikroanatomi insang diperoleh dengan pembuatan preparat mikroskopis insang ikan lele. Data morfologi dan mikroanatomi insang dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian menunjukkan bahwa terjadi perbedaan nyata laju ram jet ventilation antar kelompok perlakuan. Insang tampak pucat dan menghitam serta mengalami edema dan hiperplasia lamela sekunder.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ram Jet Ventilation Gill Clarias batrachus ____________________
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 16 Nov 2022 05:45
Last Modified: 06 Dec 2022 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53150

Actions (login required)

View Item View Item