The influence of science, environment, technology, and society in creative industries on scientific based business designing skills of pre-service science teachers


Parmin, - and Erna Noor Savitri, FMIPA Pendidikan IPA (2020) The influence of science, environment, technology, and society in creative industries on scientific based business designing skills of pre-service science teachers. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8 (1). pp. 27-38. ISSN 2338-4379

[thumbnail of The influence of science, environment, technology, and society in creative.pdf] PDF - Published Version
Download (275kB)
[thumbnail of Turnitin The influence of science, environment, technology, and society.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya ketrampilan kewirausahaan pada calon guru IPA. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengukur pengaruh dari pendekatan pembelajaran SETS berdasarkan sudut pandang industri kreatif terhadap keterampilan kewirausahaan calon guru IPA. Sampel dalam penelitian ini adalah 82 mahasiswa Jurusan IPA Terpadu sebagai target penelitian yang mengikuti kursus Kewirausahaan. Kemampuan berwirausaha dibutuhkan para calon guru IPA agar nantinya setelah lulus, selain menjadi pendidik juga dapat mengembangkan usaha sendiri, baik itu berupa produk maupun jasa yang berbasis sains. Data primer diambil dengan teknik observasi dan diuji dengan menggunakan uji regresi yang menghasilkan skor yang signifikan yaitu 0,048 <0,05. Hal ini berarti bahwa penerapan pendekatan SETS dalam pembelajaran memiliki pengaruh signifikan pada keterampilan kewirausahaan calon guru IPA. Pendekatan ini dapat menjadi salah satu solusi alternative untuk menghasilkan lulusan yang terampil secara ilmiah. Calon guru IPA yang memiliki pandangan kewirausahaan terintegrasi telah terbukti mampu merancang penerapan sains untuk menghasilkan barang-barang yang mengantisipasi efek negative pada lingkungan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: SETS, industry kreatif, kewirusahaan, guru pra-jabatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 16 Nov 2022 03:44
Last Modified: 16 Nov 2022 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53144

Actions (login required)

View Item View Item