PENGARUH VARIASI KONSTANTA PEGAS SLIDING SHEAVE TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR SPESIFIK SEPEDA MOTOR YAMAHA XEON 125 CC


Arif Sunandar, 5202414097 (2021) PENGARUH VARIASI KONSTANTA PEGAS SLIDING SHEAVE TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR SPESIFIK SEPEDA MOTOR YAMAHA XEON 125 CC. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGARUH VARIASI KONSTANTA  PEGAS SLIDING SHEAVE TERHADAP KONSUMSI  BAHAN BAKAR SPESIFIK SEPEDA MOTOR  YAMAHA XEON 125 CC] PDF (PENGARUH VARIASI KONSTANTA PEGAS SLIDING SHEAVE TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR SPESIFIK SEPEDA MOTOR YAMAHA XEON 125 CC) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan variasi konstanta pegas Sliding sheave terhadap konsumsi bahan bakar spesifik serta torsi dan daya sepeda motor Yamaha xeon 125 cc. penelitian ini menggunakan model penelitian quasi experimental design. Alat yang digunakan dalam penelitian ini antara lain, dynometer, tool set, buret, tracker CVT, dan bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga buah pegas Sliding sheave dengan nilai konstanta yang berbeda, dan sepeda motor Yamaha xeon 125 cc dengan menggunakan bahan bakar pertamax. Pengujian torsi dan daya pada setiap penggunaan variasi konstanta pegas Sliding sheave CVT dilakukan sebanyak 3 (tiga) kali pada setiap putaran mesin untuk kemudian dihitung rata-rata pada setiap variasi putaran mesin. Hasil pengujian konsumsi bahan bakar spesifik menunjukkan bahwa pegas variasi tiga dengan nilai konstanta 5491,72 N/m menghasilkan konsumsi bahan bakar spesifik paling baik, sebesar 60,84 g/kWh pada putaran mesin 2500 rpm. Kemudian pegas variasi dua dengan nilai konstanta pegas 5197,52 N/m menghasilkan konsumsi bahan bakar spesifik 68,67 g/kWh pada putaran mesin 2500 rpm. Sedangkan pegas variasi satu dengan nilai konstanta pegas 4903,32 N/m menghasilkan konsumsi bahan bakar spesifik 67,98 g/kWh pada putaran mesin 2500 rpm. Hasil. Pegas variasi satu menghasilkan torsi paling baik sebesar 15,03 Nm pada putaran mesin 2500 rpm, pegas variasi dua menghasilkan torsi 15,55 Nm pada putaran mesin 2500 rpm, sedangkan pegas variasi tiga menghasilkan torsi 17 Nm pada putaran mesin 2500 rpm.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pegas slidingsheave, CVT, konsumsi bahan bakar spesifik
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 16 Nov 2022 03:39
Last Modified: 16 Nov 2022 03:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53140

Actions (login required)

View Item View Item