EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BOT TELEGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X IPS SMA ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU KABUPATEN BREBES


Nur Alfiyah Ade Susyani, 3201417003 (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BOT TELEGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X IPS SMA ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201417003 - Nur Alfiyah Ade Susyani(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Upaya yang dilakukan agar hasil belajar siswa dapat meningkat dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna, maka dalam pembelajaran dibutuhkan sebuah perantara berupa media pembelajaran. Media pembelajaran Bot Telegram dipilih untuk menyampaikan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran geografi dengan menggunakan media pembelajaran Bot Telegram, dan 2) Menganalisis keefektifan penggunaan media pembelajaran Bot Telegram terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di kelas X IPS SMA Islam Ta’allamul Huda Bumiayu Kabupaten Brebes. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode ekseperimen semu (quasi experimental) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Islam Ta’allamul Huda Bumiyau. Sampelnya adalah Kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji independent sample t test dan uji n-gain score. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan pembelajaran geografi mencakup tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Pada tahap perencanaan, hasil penilaian angket pada silabus, RPP dan media Bot Telegram termasuk dalam kriteria “Baik”. Pada tahap pelaksanaan, aktivitas belajar siswa, pemanfaatan media Bot Telegram dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil penilaian angket respon siswa mendapat perolehan sebesar 74,22% dengan kriteria “Tinggi”. Pada tahap penilaian pembelajaran, diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test di kelas eksperimen sebesar 57,524 dan 71,7143, sedangkan di kelas kontrol sebesar 38,8567 dan 47,4133. Analisis uji t menunjukan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Analisis n-gain menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-gain di kelas ekseprimen mendapat nilai sebesar 0,353 termasuk kriteria “Sedang”. Rata-rata n-gain di kelas kontrol dengan media power point mendapat nilai sebesar 0,129 termasuk kriteria “Rendah”. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Bot Telegram lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa daripada media power point. Saran yang diajukan adalah Bot Telegram dapat menjadi alternatif bagi guru untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik materi geografi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Bot Telegram, Hasil Belajar, Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 16 Nov 2022 03:37
Last Modified: 16 Nov 2022 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53137

Actions (login required)

View Item View Item