(ABSTRAK) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Poster Session pada Materi Masyarakat Multikultural Siswa Kelas XI-B Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan


Fika Purnamawati, 3501406013 (2010) (ABSTRAK) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Poster Session pada Materi Masyarakat Multikultural Siswa Kelas XI-B Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Poster Session pada Materi Masyarakat Multikultural Siswa Kelas XI-B Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan]
Preview
PDF ((ABSTRAK) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Poster Session pada Materi Masyarakat Multikultural Siswa Kelas XI-B Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan)
Download (112kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran sosiologi di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni mengalami permasalahan berkaitan dengan proses pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa cenderung pasif di kelas. Kegiatan pembelajaran yang masih menggunakan ceramah ini tidak mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa adalah penerapan model pembelajaran Poster Session. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Poster Session dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI-B Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menemukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI-B Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-B dan guru sosiologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, aktivitas siswa mengalami peningkatan di antaranya siswa telah mampu melibatkan diri dalam proses pembelajaran seperti memberikan argumen, pertanyaan, serta menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Pada kegiatan diskusi menggunakan poster, siswa telah mampu berperan aktif selama kegiatan berlangsung, mengkoordinir kelompok agar masing-masing anggota dapat bekerja sama, mengaitkan materi yang dipelajari dengan fenomena sosial, mengajukan dan menjawab pertanyaan diskusi, serta memiliki keberanian untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sosiologi dengan model pembelajaran Poster Session dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah (1) dalam penerapan pembelajaran dengan Poster Session hendaknya guru menciptakan suasana belajar yang kondusif agar siswa aktif di kelas. (2) pihak guru hendaknya dapat menerapkan pembelajaran Poster Session karena dirasa mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. (3) Dalam penerapan model pembelajaran Poster session guru harus pandai membagi waktu karena model pembelajaran ini membutuhkan waktu yang relatif lama. (4) model pembelajaran Poster Session dapat digunakan untuk melakukan penelitian lebih lanjut pada materi lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, model pembelajaran Poster Session.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Rizki Setiadi
Date Deposited: 04 Oct 2011 07:28
Last Modified: 04 Oct 2011 07:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5313

Actions (login required)

View Item View Item