Konsep dan Sistem Nilai dalam Implementasi Model Cognitive Moral Development bagi Pendidik pada Pembelajaran Abad-21


Deni Setiawan, - Konsep dan Sistem Nilai dalam Implementasi Model Cognitive Moral Development bagi Pendidik pada Pembelajaran Abad-21. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat.

[thumbnail of Konsep dan Sistem Nilai dalam Implementasi Model Cognitive Moral Development bagi Pendidik pada Pembelajaran Abad-21 - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (482kB)

Abstract

Peningkatan mutu dalam menanamkan nilai moral dan karakter dalam dunia pendidikan adalah sebuah kewajiban saat ini. Paradigma pendidikan karakter dengan mengedepankan kekerasan masih sering terjadi dalam praktik pendidikan di Indonesia, sehingga diperlukan solusi yang tepat dalam menanamkan nilai-nilai karakter di Sekolah Dasar. Pengabdian ini dilakukan di SDN 4 Kenanga dengan mengundang 50 peserta yang terdiri dari guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sumber dan Plumbon. Adapun pelaksanaan penelitian terdiri dari tahap persiapan; tahap pelaksanaan; tahap monitoring dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep dan praktik dalam model cognitive moral development melalui metode cerita animasi digital setelah dilakukan workshop. Kesimpulan dalam kegiatan ini bahwa pengabdian ini berhasil mencapai target untuk mentransmisikan secara knolwedge konsep sistem nilai dan model pendidikan karakter yang diperlukan guru Sekolah Dasar pada pembelajaran abad-21. Yang diharap menjadi solusi dalam pendidikan moral dan karakter. Guru juga sudah melaksanakan action strategi model cognitive moral development yang sesuai dengan kriteria siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Dilema moral Kognitif moral Sistem nilai
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:26
Last Modified: 16 Nov 2022 02:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53124

Actions (login required)

View Item View Item