PENGARUH PENAMBAHAN VELOCITY STACK DENGAN VARIASI BENTUK TERHADAP UNJUK KERJA MESIN PADA MOTOR HONDA SCOOPY FI TAHUN 2019


Risky Ogi Putra, .5202413038 (2020) PENGARUH PENAMBAHAN VELOCITY STACK DENGAN VARIASI BENTUK TERHADAP UNJUK KERJA MESIN PADA MOTOR HONDA SCOOPY FI TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGARUH PENAMBAHAN VELOCITY STACK DENGAN VARIASI BENTUK TERHADAP UNJUK  KERJA MESIN PADA MOTOR HONDA SCOOPY FI  TAHUN 2019] PDF (PENGARUH PENAMBAHAN VELOCITY STACK DENGAN VARIASI BENTUK TERHADAP UNJUK KERJA MESIN PADA MOTOR HONDA SCOOPY FI TAHUN 2019) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan velocity stack bertujuan untuk memaksimalkan jumlah udara yang masuk dengan cara memperlancar aliran udara yang menuju ruang bakar. Pada sistem bahan bakar injeksi yang tidak dilengkapi dengan venturi, maka penambahan velocity stack pada throttle body adalah langkah yang tepat guna memperlancar aliran udara yang masuk. Makin lancar udara yang masuk ke dalam silinder maka akan semakin banyak udara yang terhisap ke dalam silinder sehingga efisiensi volumetris motor meningkat dan pembakaran berlangsung sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasangan velocity stack pada throttle body dengan variasi bentuk terhadap laju aliran udara, torsi dan daya sepeda pada throttle body sepeda motor Honda Scoopy FI 110CC. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan menggunakan tiga variabel penelitian. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah velocity stack dengan variasi bentuk yaitu lurus, menyudut 35º dan radius 10mm. Variabel terikat pada penelitian ini adalah torsi dan daya sepeda motor Honda Scoopy FI 110cc tahun 2017. Dan Variabel kontrol dalam penelitian ini meliputi : 1) pengujian torsi dan daya mesin dengan putaran 2500 rpm, 3500 rpm, 4500 rpm, 5500 rpm, 6500. 3) pengujian dilakukan pada sepeda motor Honda Scoopy FI 110cc tahun 2017. 4) penelitian ini menggunakan bahan bakar pertamax 92 yang diperoleh dari SPBU. Berdasarkan hasil analisis pada data pada penelitian tersebut penggunaan velocity stack pada saluran masuk throttle body berpengaruh terhadap keluaran torsi dan daya mesin. Velocity Stack dengan sudut 35° menghasilkan nilai rata-rata torsi dan daya yang lebih tinggi dibandingkan bentuk velocity stack yang lain atau tanpa velocity stack

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Velocity stack, Torsi, Daya, Air Flow.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:09
Last Modified: 16 Nov 2022 02:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53115

Actions (login required)

View Item View Item