FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI OUTPUT INDUSTRI TEPUNG TAPIOKA DI KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI


DIMAS PRATEKA DWIATMAJA, 7111416104 (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI OUTPUT INDUSTRI TEPUNG TAPIOKA DI KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI OUTPUT INDUSTRI TEPUNG TAPIOKA DI KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI] PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI OUTPUT INDUSTRI TEPUNG TAPIOKA DI KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan industri tepung tapioka di Kecamatan Margoyoso yang cenderung mengalami penurunan dilihat dari jumlah unit industri, kapasitas produksi dan nilai produksi dalam 3 tahun terakhir. Padahal, Kecamatan Margoyoso sejak awal pertumbuhannya memiliki potensi yang besar dalam bidang perdagangan dan perindustrian karena letaknya yang strategis sebagai jalur yang dekat dengan jalur pantura sehingga sudah harusnya sangat menjanjikan bagi pengusaha dan pedagang khususnya di bidang industri tepung tapioka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh faktor bahan baku, luas tanam, luas panen, nilai investasi dan jumlah tenaga kerja terhadap output industri tepung tapioka di Kecamatan Margoyoso. Metode penelitian yang digunakan berupa pendekatan kuantitatif dengan sampel penelitian ini sebanyak 70 pemilik industri tepung tapioka di Kecamatan Margoyoso. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan regresi berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Bahan baku memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap output industri tepung tapioka di Kecamatan Margoyoso. (2) Luas tanam memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap output industri tepung tapioka di Kecamatan Margoyoso. (3) Luas panen tidak memiliki pengaruh terhadap output industri tepung tapioka di Kecamatan Margoyoso. (4) Nilai Investasi memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap output industri tepung tapioka di Kecamatan Margoyoso. (5) Jumlah tenaga kerja memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap output industri tepung tapioka di Kecamatan Margoyoso.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Baku, Luas Tanam, Luas Panen, Nilai Investasi, Jumlah Tenaga Kerja, Output Industri
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:11
Last Modified: 16 Nov 2022 00:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53108

Actions (login required)

View Item View Item