STUDI KASUS: IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN ANAK TK MUTIARA BUNDA


Deni Setiawan, - STUDI KASUS: IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN ANAK TK MUTIARA BUNDA. JMECE: Journal of Modern Early Childhood Education.

[thumbnail of 14. Studi Kasus Implementasi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Anak TK Mutiara Bunda - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (253kB)

Abstract

Guru dituntut untuk membuat suatu perubahan dalam pengajaran, dimana metode yang digunakan tidak hanya metode konvensional saja. Tetapi dapat menggunakan model lain atau yang lebih modern untuk menunjang kemajuan & kesuksesan siswa dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya. Problem Based Learning bermula dari asumsi pembelajaran yang aktif, terintegrasi dan proses konstruktivis yang dipengaruhi oleh sosial dan faktor yang nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran bagi peserta didik di TK Mutiara Bunda dan bagaimana penerapan penilaian nya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus (Case Study), dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Partisipan penelitian berjumlah 5 orang guru taman kanak-kanak yang sudah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan hasil penelitian, kelima orang partisipan ini sudah paham tentang model pembelajaran Problem Based Learning, mengetahui langkah-langkah implementasi dalam pembelajaran serta melakukan penilaian harian peserta didik disekolah. Dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning, para partisipan tetap mengacu kepada kurikulum 2013 yang tidak lepas dari pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implentasi Pembelajaran, Problem Based Learning, Taman Kanak-kanak
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 15 Nov 2022 07:13
Last Modified: 15 Nov 2022 07:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53094

Actions (login required)

View Item View Item