Kecakapan Hidup Anak Speech Delay Di Kabupaten Sragen


Deni Setiawan, - Kecakapan Hidup Anak Speech Delay Di Kabupaten Sragen. Jurnal Pendidikan.

[thumbnail of 10. Kecakapan Hidup Anak Speech Delay Di Kabupaten Sragen - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (243kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kecakapan apa saja yang dimiliki oleh anak yang mengalami speech delay dan upaya apa saja pengembangan yang dilakukan oleh orang tua anak mereka. Subjek dalam penelitian ini ialah dua anak yang mengalami speech delay di Kabupaten Sragen. Penggunakan metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini adalah anak yang mengalami speech delay tipe ekspresif yang mendapatkan kasih sayang dari orang tua dengan porsi lebih mampu melakukan kegiatan makan, menyiapkan perlengkapan untuk makan, menulis, mewarnai, BAK dan BAB, berniaga, memperbaiki mainannya sendiri, berbagi mainan dan makanan, membersihkan lingkungan, mandi, serta menyapa temannya yang dilakukan secara mandiri. Hal tersebut diperkuat dengan pengembangan-pengembangan yang dilakukan oleh orang tua anak speech delay di setiap kali berkegiatan, yaitu: penekanan mengucapkan doa sebelum makan dan minum, doa naik kendaran, orang tua mengajari anak mereka secara kongkret urutan-urutan melakukan kegiatan memakai pakaian, mengajari urutan dalam mandi yang berguna untuk kehidupan kedepannya. Begitu juga dengan masyarakat yang berada di lingkungan dekat dengan anak speech delay(Significant other) melakukan hal yang demikian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kecakapan Hidup, Anak Speech delay, Orang Tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 15 Nov 2022 06:43
Last Modified: 15 Nov 2022 06:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53083

Actions (login required)

View Item View Item