(ABSTRAK) KESIAPAN GURU-GURU BIOLOGI SE-KABUPATEN DAN KOTA TEGAL SEBAGAI GURU SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SBI)
Anik Tri Winarni , 4401405597 (2010) (ABSTRAK) KESIAPAN GURU-GURU BIOLOGI SE-KABUPATEN DAN KOTA TEGAL SEBAGAI GURU SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SBI). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF ((ABSTRAK) KESIAPAN GURU-GURU BIOLOGI SE-KABUPATEN DAN KOTA TEGAL SEBAGAI GURU SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SBI))
- Published Version
Download (69kB) | Preview |
Abstract
Tahapan penyelenggaraan SBI dimulai pada fase rintisan terlebih dahulu, selanjutnya menuju fase kemandirian. Di mana dalam fase rintisan ini terdiri atas dua tahap, yaitu tahapan pertama pengembangan kemampuan SDM, modernisasi manajemen dan kelembagaan; dan tahapan kedua berupa konsolidasi. Salah satu komponen yang perlu dikembangkan untuk mewujudkan SBI adalah guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan guru-guru biologi se-Kabupaten dan Kota Tegal sebagai guru Sekolah Bertarf Internasional sehingga sebagai self improvement (perbaikan diri) dan self development (pengembangan diri) bagi guru SBI. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai Decision Supporting System (DSS) bagi lembaga yang terkait yaitu sekolah dan Dinas Pendidikan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru biologi di RSBI se- Kabupoaten dan Kota Tegal yang berjumlah 10 guru. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini yaitu kesiapan guru biologi untuk menyongsong SBI yang meliputi dua indikator yaitu indikator kinerja kunci minimal dan indikator kinerja kunci tambahan. Data dianalisis secara deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima responden memiliki kriteria siap dengan prosentase yang berbeda-beda yaitu tiga responden dengan prosentase 71,1%, satu responden dengan prosentase 75,6% dan satu responden dengan prosentase 62,2%. Kelima responden tersebut tersebar di Kabupaten dan Kota Tegal. Empat responden memiliki kriteria cukup siap dengan prosentase yang berbeda-beda juga, yaitu tiga responden dengan prosentase 55,6% dan satu responden dengan prosentase 57,8%. Sedangkan satu responden memiliki kriteria kurang siap dengan prosentase 37, 78%. Dari 16 indikator yang diamati terdapat satu indikator yang belum dapat ditentukan hasilnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan diketahui bahwa guru-guru biologi se-Kabupaten dan Kota Tegal siap sebagai guru Sekolah Bertaraf Internasional (SBI). Oleh karena itu hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar untuk menentukan kebijakan yang diperlukan terutama untuk indikator-indikator yang belum terpenuhi
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru-Guru Biologi RSBI di Kabupaten dan Kota Tegal, Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 04 Oct 2011 07:22 |
Last Modified: | 04 Oct 2011 08:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5308 |
Actions (login required)
View Item |