Powerpoint Interaktif Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungannya Kelas Sekolah Dasar


Deni Setiawan, - Powerpoint Interaktif Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungannya Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

[thumbnail of 6. Powerpoint Interaktif Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungannya Kelas Sekolah Dasar - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (334kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi guru belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan menarik dalam muatan pembelajaran IPS, sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media powerpoint interaktif materi interaksi manusia dengan lingkungannya muatan pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Wonorejo 03 Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, data dokumen, dan angket. Hasil penelitian ahli menunjukan bahwa media powerpoint interaktif telah lolos uji kelayakan. Penilaian dari ahli materi mendapatkan persentase 100% termasuk dalam kriteria sangat layak, dan penilaian dari ahli media mendapatkan persentase 100% termasuk dalam kriteria sangat layak. Hasil tanggapan dari siswa dan guru kelas V terhadap media powerpoint interaktif memperoleh persentase sebesar 99,48% dan 100% dengan kategori sangat layak. Simpulan dari penelitian ini adalah media powerpoint interaktif materi interaksi manusia dengan lingkungannya muatan pembelajaran IPS layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: interaksi manusia, lingkungan, pembelajaran IPS, powerpoint interaktif.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 15 Nov 2022 05:40
Last Modified: 15 Nov 2022 05:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53066

Actions (login required)

View Item View Item