Memaknai Kecerdasan melalui Aktivitas Seni: Analisis Kualitatif Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini


Deni Setiawan, - Memaknai Kecerdasan melalui Aktivitas Seni: Analisis Kualitatif Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

[thumbnail of 3. Memaknai Kecerdasan melalui Aktivitas Seni Analisis Kualitatif Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (277kB)
[thumbnail of Bukti Korespondensi] PDF (Bukti Korespondensi)
Download (3MB)

Abstract

Anak usia dini lebih mudah menangkap materi pembelajaran yang diberikan dengan mengimplementasikan prinsip bermain sambil belajar, termasuk melakukan kegiatan kreasi melalui aktivitas seni. Kegiatan berkreasi dengan aktivitas seni untuk anak usia dini dalam hal ini adalah kegiatan bernyanyi dan menggambar. Hasil penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pentingnya kegiatan seni di sekolah untuk kecerdasan majemuk anak. Metode penelitian yang digunakan adalah melakukan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, wawancara terstruktur, dan observasi terhadap 4 orang guru, 1 orang kepala sekolah, dan 104 peserta didik sebagai sumber data di TK Pertiwi Jember dan TK Islam 01 Kauman Juwana Pati. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Simpulan penelitian, bahwa aktivitas seni sangat bermanfaat untuk anak usia dini dan memengaruhi kecerdasan anak dalam proses perkembangannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kegiatan seni; kecerdasan anak; bermain; berkreasi; anak usia dini.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 15 Nov 2022 05:27
Last Modified: 09 May 2023 06:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53062

Actions (login required)

View Item View Item