PENERAPAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN LIMBAH MINYAK GORENG BEKAS MENJADI SABUN CUCI PIRING UNTUK PENGENDALIAN PENCEMARAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT


Rini Kusumawardani, - PENERAPAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN LIMBAH MINYAK GORENG BEKAS MENJADI SABUN CUCI PIRING UNTUK PENGENDALIAN PENCEMARAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Jurnal Abdimas.

[thumbnail of 26. Metode Transformasi Data Alat Deteksi Getaran Berbasis Accelerometer - KUSDIYANTO UNNES (1).pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Desa Sekaran, Gunungpati memiliki pertumbuhan penduduk dan perkembangan usaha kuliner yang pesat karena terdapat universitas yang menjadi magnet ekonomi. Hal ini memberikan dampak positif bagi masyarakat, namun juga menimbulkan dampak negatif dari sisi lingkungan. Dampak negatif dari usaha kuliner ini adalah volume limbah minyak goreng bekas (jelantah) yang tinggi. Ini terjadi karena masyarakat membuang minyak jelantah begitu saja. Limbah minyak jelantah apabila tidak dikelola dengan baik akan menjadikan lingkungan kotor dan dapat mencemari air serta tanah. Untuk mengatasi masalah itu, perlu inovasi dalam pengelolaan minyak jelantah dengan melibatkan masyarakat sehingga limbah dapat dimanfaatkan menjadi produk yang bernilai ekonomis. Salah satu potensi limbah minyak goreng adalah kandungan asam lemak yang tinggi sehingga dapat dimanfaatkan menjadi sabun cuci piring yang ramah lingkungan. Oleh karena itu, dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan nilai tambah minyak jelantah dengan mengolahnya menjadi sabun cuci piring. Pelatihan ketrampilan pengolahan minyak jelantah menjadi sabun cuci piring telah dilaksanakan bagi masyarakat di desa Sekaran, Gunungpati dan memberikan manfaat: 1) Masyarakat mengetahui dampak negatif minyak goreng bekas terhadap kesehatan dan lingkungan, 2) Masyarakat mengetahui dan terampil mengaplikasikan teknologi tepat guna pengolahan minyak jelantah menjadi sabun cuci piring, 3) Masyarakat mengetahui potensi ekonomis limbah minyak goreng bekas, 4) Mendorong pemberdayaan masyarakat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: limbah; minyak goreng bekas; asam lemak; sabun cuci piring; pemberdayaan masyarakat.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 15 Nov 2022 04:42
Last Modified: 15 Nov 2022 04:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53059

Actions (login required)

View Item View Item