(ABSTRAK) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEMESTER GASAL KELAS VIIIF SMP NEGERI I SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010


Anita Sulistyani , 1301405044 (2010) (ABSTRAK) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEMESTER GASAL KELAS VIIIF SMP NEGERI I SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEMESTER GASAL KELAS VIIIF SMP NEGERI I SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010]
Preview
PDF ((ABSTRAK) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEMESTER GASAL KELAS VIIIF SMP NEGERI I SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (107kB) | Preview

Abstract

Aspek kepercayaan diri atau rasa percaya diri merupakan salah satu aspek yang berpengaruh dalam prestasi belajar siswa. Kepercayaan Diri pada kelas VIIIF SMP N I Semarang masih kurang yaitu ditunjukan dengan tidak berani untuk mengerjakan soal didepan kelas, gugup apabila berbicara didepan kelas dan mengerjakan tugas dan ulangan dengan tidak jujur. Penelitian ini tentang hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar pada semester gasal. Tujuan penelitian ini: mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar pada semester gasal siswa kelas VIIIF SMP N I Semarang Tahun Ajaran 2009/ 2010. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi sehingga populasi sama dengan sempel. Populasi penelitian ini ialah berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data penelitian: skala psikologi kepercayaan diri dan metode dokumentasi, uji validitasnya: rumus korelasi Product Moment dan reliabilitasnya: rumus Alpha. Analisis datanya: product moment. Hasil penelitiannya ialah harga r hitung dari kepercayaan diri dengan prestasi belajar seluruh mata pelajaran semester gasal diperoleh 0,516, hasil r hitung antara kepercayaan diri dengan mata pelajaran IPA diperoleh 0,502, hasil r hitung antara kepercayaan diri dengan mata pelajaran IPS ialah 0,431. Taraf kesalahan ditetapkan 5% dan N=39 maka harga r tabel = 0,316 sehingga harga r hitung lebih besar dari pada harga r tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi kesimpulannya ada hubungan yang positif antara kepercayaan diri dengan prestasi dalam mata pelajaran IPA , mata pelajaran IPS dan prestasi belajar seluruh mata pelajaran semester gasal siswa kelas VIIIF. Semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa tersebut. Simpulan penelitian ini: ada hubungan positif antara kepercayaan diri dengan prestasi mata pelajaran IPA, mata pelajaran IPS dan prestasi belajar seluruh mata pelajaran semester gasal. Saran untuk konselor: Konselor agar dapat mempertahankan kepercayaan diri siswa yang sudah tinggi dan meningkatkan kepercayaan diri siswa yang rendah agar prestasi belajarnya baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2011 07:20
Last Modified: 04 Oct 2011 07:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5305

Actions (login required)

View Item View Item