Self-Efficacy Siswa SMP Pada Pembelajaran Model Learning Cycle 7E (Elicit, Engange, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, and Extend)
Uswatun Hasanah, - and Nuriana Rachmani Dewi, FMIPA Pendidikan Matematika and Isnaini Rosyida, - (2019) Self-Efficacy Siswa SMP Pada Pembelajaran Model Learning Cycle 7E (Elicit, Engange, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, and Extend). In: PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, Semarang.
PDF
- Published Version
Download (238kB) |
Abstract
Kemampuan kognitif adalah salah satu aspek penting yang harus dimiliki siswa. Namun, kemampuan afektif juga penting untuk dimiliki siswa, karena kemampuan afektif merupakan kemampuan penunjang agar pendidikan Indonesia dapat lebih baik. Salah satu faktor keberhasilan siswa yaitu faktor internal dan salah satunya adalah self-efficacy. Keyakinan akan kemampuan didalam diri sangat diperlukan agar dapat bersaing dalam era globalisasi dan dunia kerja, karena siswa perlu memiliki keyakinan mengenai kemampuan– kemampuan yang ada dalam dirinya untuk mengatasi beranekaragam situasi yang muncul dalam hidupnya. Self-efficacy mengacu pada persepsi tentang kemampuan individu untuk mengorganisasikan dan mengimplementasikan tindakan untuk menampilkan kecakapan tertentu. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika adalah model pembelajaran Learning Cycle 7E. Model ini merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga pembelajar dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan jalan berperan aktif. Pada penggunaan model Learning Cycle 7E ini, selain mengembangkan sikap ilmiah siswa, model ini juga bisa meningkatkan motivasi serta aktifitas siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa akan lebih mudah memahami materi yang sedang dibahas dan prestasi belajar matematika siswa serta keyakinan akan kemampuan diri sendiripun meningkat. Dengan adanya pembelajaran menggunakan model Learning Cycle 7E diharapkan dapat meningkatkan self-efficacy siswa didalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-Efficacy, Learning Cycle 7E |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 03:49 |
Last Modified: | 15 Nov 2022 03:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53045 |
Actions (login required)
View Item |