Tahap Berpikir Geometri Siswa SMA Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau Dari Perbedaan Gender


Nor Amalliyah, - and Nuriana Rachmani Dewi, FMIPA Pendidikan Matematika and Dwijanto, - (2021) Tahap Berpikir Geometri Siswa SMA Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau Dari Perbedaan Gender. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3 (2). pp. 352-361. ISSN 2549-8495

[thumbnail of Tahap Berpikir Geometri Siswa SMA Berdasarkan Teori.pdf] PDF - Published Version
Download (785kB)

Abstract

Geometri adalah salah satu bagian dari ilmu matematika yang mempelajari titik yang dapat membentuk garis, garis menjadi bidang yang menyusun bangun datar segi banyak untuk mengkonstruksi sebuah bangun ruang. Proses pembelajaran geometri diharapkan mampu meningkatkan ketelitian, kecermatan, pengetahuan, dan wawasan siswa dalam berpikir ilmiah khususnya pada siswa SMA. Guru perlu mengetahui tahapan berpikir geometri siswa agar dapat menentukan model pembelajaran yang tepat dan efektif. Oleh karena itu perlu diketahui tahapan berpikir geometri siswa yang ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan 6 siswa SMA sebagai subjek yang terdiri dari 3 siswa perempuan dan 3 siwa laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes secara tertulis kepada siswa menggunakan instrumen Van Hiele Geometry Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 6 siswa yang diteliti tahap berpikir siswa rata-rata berada pada tahap 1 (analisis). Gender berpengaruh terhadap tahap berpikir geometri siswa. Kemampuan berpikir geometri siswa perempuan berada pada level lebih tinggi dibandingkan dengan siswa laki-laki. Kata Kunci: Gender, Tahap Berpikir, Van Hiele.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gender, Tahap Berpikir, Van Hiele
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 15 Nov 2022 02:49
Last Modified: 15 Nov 2022 02:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53032

Actions (login required)

View Item View Item