Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia 11 Tahun Di Brebes


Nungki Anditiasari, - and Nuriana Rachmani Dewi, FMIPA Pendidikan Matematika (2021) Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia 11 Tahun Di Brebes. M A T H L I N E JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 6 (1). pp. 97-108. ISSN N 2502-5872

[thumbnail of Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia 11 Tahun.pdf] PDF - Published Version
Download (525kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kognitif anak usia 11 tahun dalam menyelesaikan operasional konkret menurut tahap perkembangan kognitif piaget yaitu : mengurutkan, klasifikasi, penalaran, pemahaman, konservasi, dan penghilangan sifat egosentrisme. Penelitian ini perlu dilakukan sebagai acuan pengajar dalam memberikan metode pembelajaran yang tepat yaitu dengan mengetahui sejauh mana kemampuan masing-masing anak didiknya dilihat dari kemampuan kognitifnya. Subjek penelitian ini berjumlah tujuh anak usia kisaran 11 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode studi kasus dengan melihat hasil dari aktivitas siswa dan dengan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dari ke tujuh anak, terdapat 2 anak tidak dapat menyelesaikan beberapa tahap operasional konkret sesuai perkembangan kognitif piaget. Kata Kunci : kesulitan matematika, studi kasus, penyelesaian soal cerita.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kesulitan matematika, studi kasus, penyelesaian soal cerita.
Subjects: L Education > L Education (General) > how to learn
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 15 Nov 2022 02:45
Last Modified: 15 Nov 2022 02:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53031

Actions (login required)

View Item View Item