PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL PERANGKAT MODEL UJI TEKNIK PENGELASAN JENJANG JABATAN GURU MADYA DI SMK


Anjas Ariyansa, .5201416001 (2021) PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL PERANGKAT MODEL UJI TEKNIK PENGELASAN JENJANG JABATAN GURU MADYA DI SMK. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL  PERANGKAT MODEL UJI TEKNIK PENGELASAN JENJANG JABATAN  GURU MADYA DI SMK] PDF (PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL PERANGKAT MODEL UJI TEKNIK PENGELASAN JENJANG JABATAN GURU MADYA DI SMK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi professional perangkat uji teknik pengelasan untuk guru madya di SMKyang menghasilkan intrumen uji dan modul ditinjau dari kriteria kelayakan aspek validas, reliabel dan praktis oleh ahli materi las dan ahli media. Metode yang digunakan adalah pengembangan dengan model yang dikembangkan oleh Borg & Gall pada tahun 1983, yang disederhanakan menjadi 4 langkah, meliputi: 1) penelitian pendahuluan, 2) mengembangkan produk, 3) melakukan validasi ahli dan 4) melakukan revisi produk. Ahli materi dan ahli media yang ditentukan untuk menjadi validator adalah dosen teknik pengelasan dan media pembelajaran dari Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang yang berjumlah 5 orang. Hasil analisis data kriteria kelayakan aspek validitas, reabilitas dan praktis dari instumen uji dan modul yang dinilai oleh ahli materi dan ahli media adalah sangat layak, sehingga hasil pengembangan ini dapat digunakan untuk proses kenaikan tingkat golongan guru madya program ahli teknik pengelasan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan kompetensi profesional, teknik pengelasan, guru madya.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 15 Nov 2022 02:43
Last Modified: 15 Nov 2022 02:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53019

Actions (login required)

View Item View Item