DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENJAS ADAPTIF DI SLB N 01 PEMALANG
Faris Haitsam Alafif, 6102417023 (2021) DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENJAS ADAPTIF DI SLB N 01 PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu akibat terjadinya pandemi COVID-19 yang mempengaruhi pendidikan di dunia, dimana pembelajaran penjas sebelum COVID-19 ini dilakukan secara tatapmuka, sedangkan selama COVID-19 dilaksanakan secara daring, sehinga menyebabkan banyak kendala seperti sarana prasarana, kuota internet dan sinyal. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran penjas adaptif sebelum COVID-19, pembelajaran penjas adaptif selama COVID-19, dan kendala yang dihadapi selama COVID-19 terkait pembelajaran penjas adaptif di SLB N 01 Pemalang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berada di SLB N 01 Pemalang dengan fokus penelitian pembelajaran penjas adaptif SDLB anak tuna daksa. Subjek penelitian ini yaitu guru penjas, wali kelas, dan orang tua siswa, dengan objek penelitian pembelajaran penjas adaptif di SLB N 01 Pemalang. Data primer yang digunakan yaitu wawancara, data sekunder berupa penelitian terdahulu berupa artikel. Instrumen yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan data collection, data reduction, data display, dan conclusion data. Hasil penelitian, proses pembelajaran penjas adaptif di SLB N 01 Pemalang sebelum COVID-19 ini dilaksanakan secara tatapmuka dengan waktu pelajaran 2 x 35 menit, selama adanya COVID-19 ini pembelajaran penjas adaptif diubah menjadi pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan secara daring melalui whatspp group dengan waktu pelajaran 1 x 45 menit. Dampak dari pandemi COVID-19 dalam pembelajaran penjas adaptif sangat banyak kekuranganya seperti sarana prasarana, kuota internet, dan sinyal internet di daerah pedesaan. Simpulan dalam penelitian ini, pembelajaran penjas adaptif sebelum COVID�19 dilaksanakan secara tatap muka, sedangkan selama COVID-19 dilaksanakan secara daring menggunakan whatsapp group, kendala pembelajaran penjas adaptif selama COVID terkait sarana prasarana, kuota internet dan minimnya sinyal di daerah pedesaan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | COVID-19, Pendidikan Jasmani Adaptif, Pembelajaran, Tuna Daksa |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 02:01 |
Last Modified: | 15 Nov 2022 02:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53005 |
Actions (login required)
View Item |