PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN LADDER DRIIL DAN BALL FEELING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN DRIBBLING PADA SISWA SSB GALAKSI U 13 KABUPATEN CILACAP TAHUN 2021


Fathur Rahman, 6102417005 (2021) PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN LADDER DRIIL DAN BALL FEELING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN DRIBBLING PADA SISWA SSB GALAKSI U 13 KABUPATEN CILACAP TAHUN 2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102417005 - Fathur Rahman v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hasil Observasi ditemukan problematika pada teknik dasar dribbling. Dilihat saat latihan maupun pertandingan banyak kesempatan dribbling namun tingkat keberhasilan masih rendah, unsur kecepatan dan kelincahan pun masih kurang. Perkenaan kaki terhadap bola masih salah, penguasaan bola saat dribbling masih jauh dari jangkauan atau kaki, pandangan saat dribbling masih sering tertuju pada bola, kecepatan dribbling belum maksimal. Diperlukannya metode latihan yang dapat meningkatkan kemampuan dribbling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan untuk menguji manakah yang lebih baik antara latihan ladder drill dan ball feeling terhadap peningkatan kemampuan dribbling siswa SSB Galaksi u 13 Kabupaten Cilacap Tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian two pretest- posttest group design. Obyek dari penelitian adalah siswa sepak bo.la Galaksi u 13 yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signikan 5% atau 0,05. Hasil analisis uji t pada hipotesisi pertama diperoleh nilai t hitung (4,570) > t tabel (2,262), hasil tersebut disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan Ladder Drill terhadap kemampuan dribbling siswa SSB Galaksi u 13. Hasil pada hipotesis kedua di peroleh nilai t hitung (4,709) > t tabel (2,262), dan dapat disimpulkan ada pengaruh latihan Ball Feeling terhadap kemampuan dribbling siswa SSB Galaksi u 13. Hasil persentase peningkatan kemampuan dribbling diperoleh latihan ladder drill mempunyai peningkatan sebesar 5,56%, sedangkan latihan ball feeling memunyai peningkatan sebesar 6,79%. Simpulan dalam penelitian ini, (1) ada pengaruh latihan lader drill terhadap peningkatan kemampuan driblling. (2) Ada pengaruh latihan ball feeligg terhadap peningkatan kemampuan driblling. (3) Latihan ball feeling lebih baik dalam peningkatan kemampuan dribbling siswa SSB Galaksi u 13 Kabupaten Cilacap Tahun 2021. Saran yang dapat peneliti berikan adalah diharapkan pelatih dan atlet dapat menggunakan latihan ball feeling sebagai salah satu bentuk program latihan pada peningkatan kemampuan dribbling.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Latihan Ladder Driil, Ball Feeling, Kemampuan Driblling
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Nov 2022 01:51
Last Modified: 15 Nov 2022 01:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53002

Actions (login required)

View Item View Item