Pengaruh Lingkungan Pondok Pesantren ”Darul Falah” terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi akuntansi melalui cara belajar pada Siswa MA Nurul Ulum Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2010/2011.


Ani Khoirunnisa’, 7101406090 (2011) Pengaruh Lingkungan Pondok Pesantren ”Darul Falah” terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi akuntansi melalui cara belajar pada Siswa MA Nurul Ulum Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Lingkungan Pondok Pesantren ”Darul Falah” terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi akuntansi melalui cara belajar pada Siswa MA Nurul Ulum Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2010/2011.]
Preview
PDF (Pengaruh Lingkungan Pondok Pesantren ”Darul Falah” terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi akuntansi melalui cara belajar pada Siswa MA Nurul Ulum Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2010/2011.) - Published Version
Download (618kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar merupakan tolok ukur keberhasilan yang dapat dicapai siswa setelah melakukan kegiatan pembelajaran selama waktu yang telah ditentukan bersama. Siswa dapat dikatakan berhasil pembelajarannya apabila nilai yang diperoleh atau prestasi yang dapat dicapai memuaskan dan baik. Terdapat beberapa faktor yang dapat memepengaruhi prestasi belajar siswa, diantaranya adalah lingkungan pondok pesantren dan cara belajar. Dalam kaitannya dengan prestasi belajar, lingkungan pondok pesantren yang dimaksud adalah siswa yang sekolah di MA Nurul Ulum dan tinggal di pondok pesantren. Tinggi rendahnya prestasi siswa juga tergantung pada cara siswa belajar. Oleh karena itu permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh lingkungan pondok pesantren ”Darul Falah” terhadap cara belajar siswa mata pelajaran ekonomi akuntansi pada siswa MA Nurul Ulum Jekulo Kudus tahun ajaran 2010/2011. (2) Adakah pengaruh lingkungan pondok pesantren ”Darul Falah” terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi pada siswa MA Nurul Ulum Jekulo Kudus tahun ajaran 2010/2011. (3) Adakah pengaruh cara belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi pada siswa MA Nurul Ulum Jekulo Kudus tahun ajaran 2010/2011. (4) Adakah pengaruh lingkungan pondok pesantren ”Darul Falah” terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi pada siswa MA Nurul Ulum Jekulo Kudus tahun ajaran 2010/2011 melalui cara belajar siswa sebagai variabel intervening. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MA Nurul Ulum tahun ajaran 2010/2011 yang tinggal di pondok pesantren ”Darul Falah” yang berjumlah 112 siswa, sedangkan dalam pengambilan sampel digunakan metode proportional random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan metode dokumentasi. Untuk mengetahui gambaran lingkungan pondok pesantren dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi pada siswa MA Nurul Ulum tahun ajaran 2010/2011 digunakan analisis deskriptif presentase. Adapun pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F dengan bantuan SPSS. Analisis deskriptif presentase menunjukkan lingkungan pondok pesantren bagi siswa MA Nurul Ulum tahun ajaran 2010/2011 sudah baik, cara belajar siswa MA Nurul Ulum tahun ajaran 2010/2011 baik namun belum optimal, dan prestasi belajar siswa masih kurang baik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa lingkungan pondok pesantren berpengaruh positif terhadap cara belajar siswa, lingkungan pondok pesantren berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa, cara belajar berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar siswa dan hasil pengujian hipotesis juga menunjukkan lingkungan pondok pesantren berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar melalui cara belajar sebagai variabel intervening. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa lingkungan pondok pesantren berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa dan cara belajar juga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Oleh karena itu siswa disarankan untuk memperbaiki cara belajarnya dapat optimal agar dapat meningkatkan prestasi belajarnya lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Pondok Pesantren, Cara Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Mar 2011 07:24
Last Modified: 25 Apr 2015 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item