PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR DIMASA PANDEMI COVID-19 SE-KECAMATAN WONOPRINGGO KABUPATEN PEKALONGAN
ELFITRA KURNIA SHANDY, 6102416067 (2021) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR DIMASA PANDEMI COVID-19 SE-KECAMATAN WONOPRINGGO KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi pendidikan jasmani merupakan mata pelajaran yang mengutamakan aktivitas fisik sebagai kegiatan utamanya sedangkan pada tahun 2020 terjadi pandemi covid 19 yang menyebabkan kegiatan tatap muka sekolah ditiadakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran pendidikan jasmani sekolah dasar dimasa pandemi covid-19 se-kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Fokus pada penelitian ini adalah tentang pembelajaran pendidikan jasmani sekolah dasar dimasa pandemi covid-19 se-kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa, guru dan kepala sekolah yang ada di Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Dengan instrumen bantu berupa observasi dan panduan wawancara. Pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan metode triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada masa pandemi COVID-19 ini semua guru tetap melaksanakan pembelajaran PJOK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masa pandemi COVID-19 ini proses pembelajaran menggunakan media daring seperti whatsapp group dan google classroom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masa pandemi COVID-19 ini evaluasi pembelajaran menjadi salah satu kendala bagi guru PJOK. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh tentang pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani sekolah dasar dalam masa pandemi Covid-19 di Kecamatan Wonopringgo, maka kesimpulan dan penelitian ini adalah proses pembelajaran pendidikan jasmani sekolah dasar dalam masa pandemi Covid-19 tetap bisa berjalan. Saran berdasarkan penelitian ini adalah hasil penelitian yang dihasilkah dapat dimanfaatkan hasil penelitian ini sebagai referensi pembelajaran ketika masa pandemi COVID-19 dan diharapkan guru dapat lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran PJOK secara daring dan lebih menguasai penggunaan teknologi
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Covid-19, Pembelajaran, Pendidikan jasmani. |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 01:44 |
Last Modified: | 15 Nov 2022 01:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52997 |
Actions (login required)
View Item |