FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI KOPI (STUDI KASUS DI KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG)


Desti Wahyu Prihatiningsih, 7111416046 (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI KOPI (STUDI KASUS DI KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI KOPI (STUDI KASUS DI KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG)] PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI KOPI (STUDI KASUS DI KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh modal, produktivitas, dan harga kopi terhadap pendapatan petani kopi di masyarakat Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Penentuan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan metode random sampling dengan jumlah responden sebanyak 96 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan variabel modal, produktivitas dan harga berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap pendapatan petani kopi. Secara parsial variabel modal, produktivitas, dan harga berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap pendapatan petani kopi. Hasil dari koefisien determinan modal, produktivitas, dan harga mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya modal, produktivitas, dan harga berpengaruh signifikan terhadap pendapatan. Adapun nilai F-tabel sebesar 19,296 dan nilai Adjusted R-square bernilai 36,6% dan selebihnya 63,4% dijelaskan oleh variabel lain. Didalam usaha pertanian kopi ada beberapa faktor yang sangat berpengaruh terhadap beberapa aspek produksi yaitu mulai dari modal, produktivitas, dan harga dan juga lain sebagainya. Dapat kita ketahui bahwa awal dari suatu usaha dimulai dari adanya modal, tanpa adanaya modal kegiatan produktivitas tidak akan berjalan dengan lancar. Selain itu harga dari komoditas suatu barang pun sangat mempengaruhinya, karena suatu hasil produktivitas kopi dengan kualitas yang bagus dan tinggi akan sangan menguntungkan, pasalnya produk tersebut dapat diterima oleh masyarakat dan akan sangat berpengaruh terhadap pendapatan yang dihasilkan. Semakin banyak penghasilan atau keuntungan yang didapatkan maka akan semakin baik pula dalam tingkat kesejahteraan kehidupan para petani kopi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Modal, Produktivitas, Harga
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:54
Last Modified: 14 Nov 2022 07:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52985

Actions (login required)

View Item View Item