HAMBATAN PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH GURU DAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 CIMAHI MATA PELAJARAN PENJAS PADA MASA PANDEMI COVID-19


LUTHFI NURUZZAMAN, 6101417160 (2021) HAMBATAN PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH GURU DAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 CIMAHI MATA PELAJARAN PENJAS PADA MASA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101417160 - Luthfi Nuruzzaman v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hambatan yang dirasakan baik guru maupun siswa dalam melaksanakan program pembelajaran jarak jauh mata pelajaran pendidikan jasmani pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Cimahi. Penelitian ini merupakan mix methods dengan pendekatan exploratory. Data hambatan pelaksanaan program pembelajaran jarak jauh mata pelajaran pendidikan jasmani diperoleh menggunakan wawancara online, observasi online, dan kuesioner online. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 1 wakil kepala sekolah, 2 guru pendidikan jasmani yang mengajar di kelas XI, dan 379 siswa disederhanakan dengan teknik random sampling sehingga menjadi 79 siswa, analisis data menggunakan software SPSS versi 22 dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Hambatan yang terjadi pada proses pelaksanaan program pembelajaran jarak jauh terdiri dari faktor-faktor seperti sinyal internet yang tidak stabil, kuota internet yang terbatas, kurangnya pemahaman gerak pembelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan oleh siswa, sedangkan dari segi guru yaitu bagaimana materi pembelajaran yang disampaikan kepada siswa dapat dipahami dan dipraktikkan secara benar dan baik. Sehingga berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor utama dalam hambatan proses pembelajaran jarak jauh pendidikan jasmani yang dirasakan baik guru maupun siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Cimahi terdiri dari faktor eksternal siswa yaitu sinyal internet yang tidak stabil dan kuota internet yang terbatas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh, Mata Pelajaran Penjas, Pandemi Covid-19.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:46
Last Modified: 14 Nov 2022 07:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52984

Actions (login required)

View Item View Item