EVALUASI PEMBELAJARAN PJOK PADA SISWA KELAS XI SMK ROUDHLOTUL MUBTADIIN BALEKAMBANG TAHUN 2021


Indah Rizqi Mulyani, 6101417151 (2021) EVALUASI PEMBELAJARAN PJOK PADA SISWA KELAS XI SMK ROUDHLOTUL MUBTADIIN BALEKAMBANG TAHUN 2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101417151 - Indah mulyani v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Evaluasi pembelajaran di sekolah dijadikan sebagai tolok ukur apakah proses pembelajaran yang berjalan telah maksimal atau belum. Hasil evaluasi nanti dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan dalam pembelajaran. Serta dapat dijadikan acuan dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang lebih baik. Proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang tidak dilaksanakan dengan baik akan berpengaruh terhadap kelancaran proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini mengetahui dan mendiskripsikan evaluasi proses pelaksanaan pembelajaran PJOK pada siswa kelas XI SMK Roudhlotul Mubtadiin Balekambang tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik survei. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 26 – 28 juni 2021. Lokasi dan sasaran penelitian adalah guru PJOK, Kepala Sekolah, dan siswa kelas XI SMK Roudhlotul Mubtadiin Balekambang. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan perencanaan pembelajaran guru tidak merencanakan dengan baik, hanya berhenti di silabus, RPP dan bahan ajar. Kegiatan pelaksanaan pembelajaran masih berfokus pada guru, pembelajaran belum mengarah pada kegiatan analisis sesuai kompetensi dasar. Pada kegiatan evaluasi guru tidak menyusun instrumen penilaian, penilaian guru lakukan dengan seadanya tanpa berpedoman dengan instrumen penilaian. Dari pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa evaluasi proses pelaksanaan pembelajaran belum berjalan dengan optimal. Dari mulai kegiatan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran belum terlaksana dengan baik. Saran yang peneliti berikan yaitu agar guru melaksanakan tahapan pembelajaran dengan baik sehingga tujuan dapat tercapai, sekolah dapat melakukan pengawasan agar guru dapat lebih maksimal dalam melaksanakan tahapan pembelajaran, serta sekolah dapat memenuhi sarana prasarana yang dibutuhkan agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik, siswa agar lebih aktif serta berantusias dalam semua materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pembelajaran, PJOK
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:42
Last Modified: 14 Nov 2022 07:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52980

Actions (login required)

View Item View Item