APLIKASI KOMPOSIT SERAT DAUN NANAS SEBAGAI MATERIAL ALTERNATIF HELM PENGENDARA MOTOR


Hendra Richmawan, .5201414046 (2021) APLIKASI KOMPOSIT SERAT DAUN NANAS SEBAGAI MATERIAL ALTERNATIF HELM PENGENDARA MOTOR. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of APLIKASI KOMPOSIT SERAT DAUN NANAS  SEBAGAI MATERIAL ALTERNATIF HELM  PENGENDARA MOTOR] PDF (APLIKASI KOMPOSIT SERAT DAUN NANAS SEBAGAI MATERIAL ALTERNATIF HELM PENGENDARA MOTOR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dan kemajuan dunia industri era saat ini yang begitu pesat menyebabkan kebutuhan terhadap bahan dengan karakteristik tertentu dan semakin kompleks seperti ramah lingkungan dan mudah terdegradasi. Maka penelitian dan pengembangan terhadap bahan terbarukan perlu dilakukan agar memperoleh bahan alternatif sesuai kebutuhan dunia industri. Penggunaan serat alam sebagai bahan penyusun biokomposit menjadi salah satu alternatif untuk menyelesaikan hal tersebut. Bahan biokomposit selain lebih ramah lingkungan juga dapat meningkatkan nilai ekonomis serat alam yang tersedia melimpah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketahanan uji penetrasi SNI 1811-2007 pada helm komposit berbasis serat daun nanas sebelum digunakan oleh pengendara sepeda motor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian true eksperimental design dengan tipe posttest-only control design. Terdapat dua kelompok pada penelitian ini yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang mengalami perlakuan ketebalan sungkup pada sisi samping 3 mm, sisi belakang 4 mm dan sisi atas 5 mm pada setiap produk helm komposit. Sedangkan kelompok kontrol yaitu produk helm SNI. Kelompok eksperimen dalam penelitian ini adalah produk helm komposit berbasis serat daun nanas dengan ukuran 20 mm dengan fraksi volume serat 10%. Sedangkan kelompok kontrol dalam penelitian ini yaitu produk helm TRX-3 open face honda. Hasil penelitian menunjukkan komposit serat daun nanas ukuran 20 mm fraksi volume 10% dengan variasi ketebalan pada tiap sisi (samping, belakang dan atas) helm komposit belum mampu terhadap uji ketahanan penetrasi SNI 1811- 2007. Hal tersebut ditunjukan dengan penitik baja/pendulum alat uji penetrasi menembus sungkup helm komposit. Busa pelindung bagian dalam helm terdapat titik bekas penitik baja/pendulum. Dapat disimpulkan bahwa komposit serat daun nanas dengan fraksi volume 10% belum lolos dalam hal uji ketahanan penetrasi SNI 1811-2007 untuk material pengganti penyusun sungkup helm.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: helm komposit, serat daun nanas, uji penetrasi SNI 1811-2007
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:19
Last Modified: 14 Nov 2022 07:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52974

Actions (login required)

View Item View Item