MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP SE-KECAMATAN GONDANG KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2020/ 2021


Heru Trianto Putro, 6101417098 (2021) MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP SE-KECAMATAN GONDANG KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2020/ 2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101417098 - Heru Trianto Putro v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah hal penting dan sangat berpengaruh bagi perkembangan bangsa. Saat ini dunia sedang dalam ancaman wabah Coronavirus disease 2019 (COVID-19), penyakit yang menyerang infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh severe acute respiratory syndrome virus corona 2 (SARS-CoV- 2). Serangan virus tersebut berdampak pada dunia Pendidikan, pembelajaran tatap muka terhenti dan diganti dengan pembelajaran dalam jaringan (daring). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa media pembelajaran online pada mata pelajaran PJOK selama pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi,wawancara, dan dokumentasi mengenai media pembelajaran daring mata pelajaran PJOK pada 4 SMP di Kecamatan Gondang, lalu data di analisa berdasarkan interaktif model dengan lima komponen saling berinteraksi yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini di temukan bahwa media pembelajaran daring mata pelajaran PJOK pada 4 SMP di Kecamatan Gondang menggunakan media penyampaian materi dan penugasan berupa Google Classroom, Whatsapp, dan Google Forms, dengan media penyampaian materi menggunakan dokumen PDF,PPT, dan video. Untuk media penilaian para guru menggunakan dua macam penilaian yaitu kognitif dan psikomotorik. Penilaian kognitif di dapat dari hasil ulangan dan penugasan yang berbentuk soal pengetahuan yang dikonversikan ke Google Spreadsheet. Sedangkan penilaian psikomotorik didapat dari penugasan membuat video praktik. Kendala yang ditemukan dari media pembelajaran daring mata pelajaran PJOK ini adalah kendala sinyal di tempat tinggal siswa dan beberapa siswa yang belum memiliki smarthphone pribadi. Untuk menyiasati hal ini para guru mengijinkan siswa tersebut untuk datang langsung ke sekolah secara bergantian untuk mengumpulkan tugas. Kesimpulan dari penelitian ini secara keseluruhan media pembelajaran daring mata pelajaran PJOK berjalan dengan baik dan guru serta murid mampu menyesuaikan diri di tengah pandemi untuk melaksanakan pembelajaran dengan semestinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Daring, PJOK, Covid-19
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:06
Last Modified: 14 Nov 2022 07:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52973

Actions (login required)

View Item View Item