“ANALISIS PENDAPATAN PETANI DAN TINGKAT EFISIENSI BUDIDAYA STROBERI DI DESA SERANG, KECAMATAN KARANGREJA, KABUPATEN PURBALINGGA”


LISNAWATI, 7111415002 (2021) “ANALISIS PENDAPATAN PETANI DAN TINGKAT EFISIENSI BUDIDAYA STROBERI DI DESA SERANG, KECAMATAN KARANGREJA, KABUPATEN PURBALINGGA”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “ANALISIS PENDAPATAN PETANI DAN TINGKAT EFISIENSI BUDIDAYA STROBERI DI DESA SERANG, KECAMATAN KARANGREJA, KABUPATEN PURBALINGGA”] PDF (“ANALISIS PENDAPATAN PETANI DAN TINGKAT EFISIENSI BUDIDAYA STROBERI DI DESA SERANG, KECAMATAN KARANGREJA, KABUPATEN PURBALINGGA”) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pendapatan petani Stroberi untuk melihat apakah usaha budidaya Stroberi merupakan usaha yang menguntungkan dan layak dikembangkan. (2) mengetahui dan menganalisis pencapaian Efisiensi yaitu Efisiensi secara teknis, harga dan ekonomi. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (Purposive Sampling). Sampel penelitian dipilih melalui teknik Stratified random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 82 orang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis R/C, B/C dan BEP untuk menganalisis pendapatan petani. Dan nilai efisiensi dihitung menggunakan analisis Fungsi produksi Cobb Douglas dengan pendekatan frontier yang diolah menggunakan bantuan Software Frontier 4.1. Hasil penelitian menunjukkan rasio R/C masing-masing Strata 1,2 dan 3 adalah 4,56, 3,65 dan 3,92. Rasio B/C masing-masing Strata 1, 2 dan 3 adalah 3,56, 2,65 dan 2,92. Rasio R/C dan B/C yang lebih besar dari 1 menunjukkan bahwa budidaya Stroberi dapat memberikan manfaat ekonomi kepada petani dan layak dikembangkan baik pada lahan kecil maupun lahan yang luas. Sedangkan nilai BEP menunjukan nilai yang lebih kecil daripada rata-rata nilai produksi dan harga. Hal ini menunjukkan bahwa budidaya Stroberi berada pada kondisi untung. Hasil analisis Efisiensi pada Efisiensi teknis, harga dan ekonomi masing-masing menunjukkan nilai 0,785, 5,05 dan 3,96. Hal ini menunjukkan bahwa budidaya Stroberi di desa Serang belum mencapai Efisiensi baik secara teknis, harga dan ekonomi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Efisiensi, budidaya Stroberi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 14 Nov 2022 06:53
Last Modified: 14 Nov 2022 06:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52971

Actions (login required)

View Item View Item