PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KREATIVITAS TERHADAP JIWA TEACHERPRENEUR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Putri Mujaadilah Febrian, 7101417270 (2021) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KREATIVITAS TERHADAP JIWA TEACHERPRENEUR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KREATIVITAS TERHADAP JIWA TEACHERPRENEUR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KREATIVITAS TERHADAP JIWA TEACHERPRENEUR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Jiwa Teacherpreneur bagi calon guru ekonomi menjadi isu yang menarik untuk dikaji. Profesi guru ini dituntut untuk dapat memiliki keahlian dalam membimbing, mengajar, serta mendidik peserta didik yang sudah tercantum dalam UU No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Akan tetapi tetapi fenome yang ada di tahun 2018 sebanyak 28,37% melanjutkan karir pada instansi pendidikan sedangkan sisanya pada instansi non pendidikan, sedangkan di tahun 2019 sebanyak 33,01% melanjutkan karir pada instansi pendidikan sedangkan sisanya non pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara efikasi diri dan kreativitas terhadap jiwa teacherpreneur pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2017. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2017 sebanyak 272 mahasiswa dengan sampel yang ditentukan berjumlah 165 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel probability sampling dengan metode proportionate stratified random sampling. Data penelitian menggunakan data primer yang dihasilkan dari kuesioner dan tes. Pengujian instrumen kuesioner dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan alat analisis IBM SPSS statistic versi 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa efikasi diri dan kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap jiwa teacherpreneur secara simultan sebesar 75,5% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Efikasi diri berpengaruh postif terhadap jiwa teacherpreneur sebesar 11,8% dan kreativitas berpengaruh positif terhadap jiwa teacherpreneur sebesar 17,1%. Saran dari penelitian ini yaitu mahasiswa membaca buku referensi seputra duni pendidikan serta memanfaatkan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan guna menunjang kesiapan dan skill sebagai calon guru ekonomi dan perlunya perhatian dalam kreativitas mahasiswa untuk meningkatkan jiwa teacherpreneur dengan cara thinking new thing, berfikir dan bertindak sesuatu baru atau berfikir sesuatu yang lama dengan cara-cara baru

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Kreativitas, Jiwa Teacherpreneur
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 14 Nov 2022 06:49
Last Modified: 14 Nov 2022 06:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52970

Actions (login required)

View Item View Item