PENGARUH LITERASI DIGITAL, AKTIVITAS BELAJAR, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAPHASILBELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNNESSELAMA PANDEMI COVID-19


Nilam Tri Windarti, 7101417266 (2021) PENGARUH LITERASI DIGITAL, AKTIVITAS BELAJAR, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAPHASILBELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNNESSELAMA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LITERASI DIGITAL, AKTIVITAS BELAJAR, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAPHASILBELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNNESSELAMA PANDEMI COVID-19] PDF (PENGARUH LITERASI DIGITAL, AKTIVITAS BELAJAR, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAPHASILBELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNNESSELAMA PANDEMI COVID-19) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar digunakan sebagai acuan terhadap pembelajaran yangtelahdilakukan yang mana hal tersebut dapat digunakan oleh pihak institusi sebagai standar berhasil tidaknya proses pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 yang telah dilakukan. Metode pembelajaran manual atau konvensional saat ini tergantikan dengan sistem digital daring yang tidak dibatasi ruangdanwaktu sehingga dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi untuk mencari materi pembelajaran dengan bantuan internet. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital, aktivitas belajar, dankemandirian belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Semarang selama pandemi Covid-19, baik secara parsial maupun secara simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatankuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2018 dengan sampel sejumlah 184 responden yang terdiri dari 63mahasiswa program studi pendidikan akuntansi, 57 mahasiswa programstudi pendidikan koperasi, dan 64 mahasiswa program studi pendidikan administrasi perkantoran. Instrumen penelitian berupa angket yang telah melalui uji validitasdan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi berganda yang telahmemenuhi uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji homokedastisitas, dan uji multikolinearitas. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan (Y) = 0,405 (X1) +0,288(X2) + 0,303 (X3). Hasil penelitian menunjukkan pengaruh simultan sebesar 5,8%, sedangkan secara parsial hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruhpositif dan signifikan antara literasi digital terhadap hasil belajar mahasiswaselama pandemi Covid-19 sebesar 27,2% (2) terdapat pengaruh positif dansignifikan antara aktivitas belajar terhadap hasil belajar mahasiswa selamapandemi Covid-19 sebesar 11,8% (3) terdapat pengaruh positif dan signifikanantara kemandirian belajar terhadap hasil belajar mahasiswa selama pandemi Covid-19 sebesar 13%. Oleh karena itu, berdasarkan temuan tersebut mahasiswa diharapkan mampumeningkatkan literasi digital, aktivitas belajar, dan kemandirian belajar dalampembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 agar memperoleh hasil belajar yang optimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, ktivitas Belajar, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Mahasiswa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 14 Nov 2022 06:38
Last Modified: 14 Nov 2022 06:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52969

Actions (login required)

View Item View Item